Mother&Baby Indonesia
Gadget Bisa Jadikan Anak Mudah Marah

Gadget Bisa Jadikan Anak Mudah Marah

 

Kini, semakin banyak anak yang merengek meminta gadget milik orangtuanya. Padahal, menurut Dr. Anggia Hapsari, SpKJ, gadget tidak dibutuhkan sebelum usia 12 tahun. Pemberian sebelum usia tepat, malah akan memberikan dampak negatif seperti berikut ini lho, Moms.

 



1. Obesitas
Anak yang sudah kecanduan gadget, akan sulit terpisah dari benda kesayangannya ini. Ia akan malas untuk diajak keluar atau melakukan aktivitas yang melibatkan kekuatan fisik. Padahal minimnya akitivitas fisik, akan  menyebabkan penumpukkan lemak. Dalam jangka panjang, tumpukan lemak ini akah memicu obesitas.




2. Kurang konsentrasi
Meski terlihat fokus, tetapi bermain gadget tidak memberikan dampak positif pada konsentrasi. Sebaliknya anak yang sering bermain gadget, akan memiliki daya konsentrasi yang kurang dibanding yang tidak terpapar. Hal ini disebabkan, fokus saat bermain gadget, lebih mengarah kepada melamun, bukan konsentrasi.


3. Mudah marah
Saat Moms mengambil gadgetnya, apakah Si Kecil pernah marah dan membentak? Ya, ini adalah dampak lanjutan dari gadget! Si Kecil akan merasa kehilangan saat gadgetnya diambil. Jika dibiarkan, kebiasaan ini akan memicu perilaku agresi, seperti memukul dan bertengkar dengan teman sekitarnya. (Claudia Carla/TW/Dok. Freedigitalphotos.net)



Tags: gadget,   anak,   parenting










Cover April 2020