Mother&Baby Indonesia
Belajar Sopan Bertutur Kata Lewat Pasta Gigi

Belajar Sopan Bertutur Kata Lewat Pasta Gigi

Beberapa bulan lalu, akun Facebook milik Amy Beth Gardner, Ibu asal Tennessee, Amerika Serikat, menarik banyak perhatian pengguna internet. Apa yang spesial ya? Padahal, akun Gardner hanya mengunggah sebuah foto yang biasa saja. Gardner memposting sebuah foto pasta gigi yang sudah dikeluarkan dari tempatnya, dan dituang ke atas sebuah piring. Lalu mengapa menjadi ramai diperbincangkan?


Dalam unggahannya tersebut, Gardner menggambarkan pasta gigi yang sudah dituangakn ke dalam piring, layaknya sopan bertutur kata.


Gardner meminta Sang Anak, Breonna untuk mengeluarkan semua isi pasta gigi ke atas piring kosong. Setelah Breonna melakukannya, Gardner kembali meminta Sang Anak untuk memasukkan kembali pasta gigi yang sudah dikeluarkan. Breonna sontak menjawab bahwa hal itu tidak mungkin ia lakukan, dan pasta gigi yang sudah dikeluarkan tidak akan sama dengan yang sebelumnya.




Setelah mendengar jawaban Breonna, Gardner menjelaskan apa arti dari pasta gigi tersebut. Gardner menjelaskan kepada Breonna bahwa ia harus memperhatikan setiap ucapan dan perkataan yang akan dilontarkan saat bersama teman-temannya.




“Kamu (Breonna) punya kesempatan untuk menyakiti, memfitnah, dan melukai orang lain melalui perkataan kamu. Tetapi kamu juga punya kesempatan untuk memberi semangat, inspirasi, serta mengasihi orang lain. Sama seperti pasta gigi ini, satu kata yang keluar dari mulut kamu, maka kamu tidak bisa mengulangnya lagi. Jadi, perhatikan setiap ucapan yang akan keluar dari mulutmu, Breonna,” tulis Gardner pada foto yang diunggahnya tersebut.


Gardner sangat mengerti bahwa kata-kata yang kita ucapkan memiliki kekuatan tersendiri bagi orang lain. Entah untuk menyemangati, menjatuhkan, atau bahkan menghancurkan orang lain. Wah, benar-benar cara yang unik untuk mengajarkan suatu karakter positif ya, Moms!  (Adonia Putri/OCH/Dok. Parents.com)



Tags: bullying,   info,   balita,   anak








Cover Maret 2020