Mother&Baby Indonesia
Anak Lebih Percaya Diri dengan 5 Tips Ini

Anak Lebih Percaya Diri dengan 5 Tips Ini

 

Jika Anda memiliki anak yang pemalu, mungkin ia akan selalu bersembunyi di balik kaki Anda setiap bertemu dengan orang yang tidak ia kenal. Tidak ada salahnya menjadi pemalu, namun Anda perlu mengeluarkan kepercayaan dirinya agar ia mudah berinteraksi dengan teman-temannya. Untuk itu, ikuti 5 cara berikut ini yuk, Moms.

 



1. Mengatur Jadwal Bermain
Jika Si Kecil sedang berusaha keras untuk dapat beradaptasi di lingkungan sekolah, cobalah bawa Si Kecil ke lingkungan yang lebih tenang seperti tempat latihan yoga untuk anak, ballet, atau kolam renang. Situasi yang sedikit tenang dan aktivitas yang mengharuskannya berinteraksi dapat mendorongnya untuk beradaptasi dengan lingkungannya.

 

Anda juga dapat mencobanya dengan membuat jadwal bermain di rumah teman-temannya sehingga dalam seminggu terdapat setidaknya 2 rumah yang ia datangi untuk sekedar bermain. Dengan begitu, akan melatihnya untuk berinteraksi dengan teman barunya.

 

2. Berikan Contoh
Si Kecil yang pemalu akan memberi isyarat bila ia berada di antara orang-orang yang tidak ia kenal, padahal orang-orang tersebut adalah orang yang sangat baik. Jika Si Kecil berada dalam situasi tersebut, Dr. Rebecca Chicot, co-creator dari Essential Baby Care Guides, mengatakan bahwa Anda harus tersenyum dan tenang. Hal itu akan meyakinkan dia bahwa ia tidak perlu takut.



 

3. Menemani Selama Bermain
Si Kecil membutuhkan Anda selama ia sedang berada dalam lingkungan yang menurutnya baru. Peran Anda sebagai ibu sebaiknya menemainya dan melihat perkembangannya selama berinteraksi dengan teman-temannya. Namun, Anda tidak selamanya menemani Si Kecil, perlahan kurangi waktu menemaninya sampai akhirnya Anda hanya mengantarnya bermain tanpa perlu ditemani lagi.

 

4. Berikan Pujian
Bagi Si Kecil yang pemalu, berinteraksi dengan teman-temannya adalah sesuatu yang sulit. Berikan ia pujian atau pelukan sebagai bentuk hadiah karena ia sudah berusaha untuk berkomunikasi dan beradaptasi dengan lingkungannya.

 

5. Mengikuti Kontes Foto
Demi meningkatkan rasa percaya dirinya, Anda bisa mengajak Si Kecil untuk mengikuti kontes foto. Kalau Moms ingin mencobanya, saat ini sedang ada Sleek Baby Idol Contest, Luxurious Sweety Gold Photo Competition, dan Costume Competion, lho. Semua itu diadakan dalam rangka Mother&Baby Fair 2016 yang akan berlangsung di Surabaya dan Medan. Oleh karena itu, yuk segera ajak Si Kecil untuk ikut kontes foto ini. Daftar di sini ya, Moms! Pendaftaran akan ditutup pada 17 Oktober untuk Surabaya, dan 24 Oktober untuk Medan. Selamat mencoba! (Seva/TW/Dok. M&B)



Tags: pemalu,   percaya diri,   toddler,   kontes,   lomba,  








Cover Maret 2020