Mother&Baby Indonesia
Menu Anti Tantrum

Menu Anti Tantrum

Jika Anda memiliki balita, mungkin tantrum bukan hal yang asing lagi bagi Anda. Tetapi, tahukah Anda bahwa jenis makanan tertentu dapat membuat Si Kecil lebih relaks dan lebih fokus? “Sebagai orang dewasa, kita mengetahui pentingnya makan secara teratur untuk menjaga konsetrasi dan mood kita, sama halnya dengan anak-anak,” kata Amanda Ursell, penulis buku Baby And Toddler Food Bible. Berikut beberapa jenis makanan yang bisa Anda masukkan ke dalam menu makan Si Kecil agar Ia bisa lebih tenang.

 

Sarapan



Semangkuk bubur, oatmeal, atau sereal adalah variasi menu sarapan yang baik untuk menjaga mood Si Kecil. “Oatmeal melepaskan level energi secara perlahan, tidak meroket setelah sarapan lalu turun tidak lama kemudian. Hal itu inimenyebabkan Si Kecil cepat lapar dan mudah tantrum,” kata Lowri Turner, ahli nutrisi Mother&Baby UK.

 

Oatmeal juga mengandung asam glutamat yang merangsang otak untuk mengeluarkan gaba atau zat anti cemas,” ungkap Lowri. Untuk pemanis alami, Anda bisa menambah apel atau stroberi. Untuk minuman, berikan air mineral atau susu untuk Si Kecil. “Minuman dingin, bersoda, dan jus buah dapat membuat Si Kecil sangat aktif, jadi tetap berikan susu dan air mineral,” tegas Lowri.

 

 

Makan siang

Anda dapat memberikan ikan berlemak yang juga mengandung omega-3 dan DHA seperti salmon, sarden, dan ikan kembung untuk menu makan siang Si Kecil. Ahli nutrisi Saidee Bailey mengatakan bahwa zat-zat tersebut membantu sinyal elektrik pindah dari satu sel otak ke sel lainnya. Jadi Si Kecil lebih fokus dan tenang. Anda dapat memasaknya menjadi pie dan ditutup dengan keju agak Si Kecil makin lahap menyantapnya.



 

 

Makan malam

Saat Si Kecil mulai disapih dan mengonsumsi susu sapi, hal ini dapat menyebabkan Ia kekurangan zat besi. “Jika anak-anak kekurangan zat yang mereka butuhkan, mereka akan kehilangan fokus dan konsentrasi,” kata Amanda. Jadi pastikan Si Kecil mengonsumsi daging merah dan kacang-kacangan untuk memenuhi kebutuhan zat besi.

 

Selain daging merah, Si Kecil juga dapat mengonsumsi dagin putih seperti ayam, karena menu tersebut adalah sumber asam amino yang memicu keluarnya hormon bahagia serotonin. Hal ini membantu menjaga mood Si Kecil agar tetap baik dan menurunkan resiko tantrum.

 

Untuk sayuran, bayam bisa menjadi pilihan karena bayam kaya akan zink dan magnesium yang membantu perkembangan otak. Jika Si Kecil tidak suka makan sayur, Anda dapat menyembunyikannya dalam telur orak arik atau saus pasta. (Nadia/TW/Dok. M&B)



Tags: toddler,   tips,   makanan,   tantrum








Cover Maret 2020