Mother&Baby Indonesia
Hubungan Ukuran Botol Susu & Berat Badan Si Kecil

Hubungan Ukuran Botol Susu & Berat Badan Si Kecil

Jika berat badan Si Kecil kurang, ada baiknya Anda mengganti ukuran botol susu dengan ukuran yang lebih besar, Moms. Sebaliknya, jika khawatir Si Kecil terlalu gemuk, Anda bisa mengganti botolnya ke ukuran yang lebih kecil.

 

Dilansir dari The New York Times, sebuah penelitian dilakukan terhadap orang tua yang memberikan susu formula kepada bayinya. Mereka diminta untuk memperlihatkan botol susu yang mereka gunakan.



 

Hasilnya menunjukkan bahwa bayi yang menggunakan botol berukuran 11 ons (sekitar 325 ml) sejak usia bayi 2 bulan, berat badannya akan naik pesat saat usianya 6 bulan, jika dibandingkan dengan bayi yang menggunakan botol ukuran 2 ons (sekitar 60 ml).

 



“Walaupun berat badan bayi harus naik setiap bulan. Kenaikan yang signifikan dapat menjadi tanda obesitas saat dewasa nanti. Mengubah ukuran botol dapat menjadi cara mudah sebelum bayi kelebihan berat badan," kata Dr. Eliana M. Perrin, salah seorang peneliti dan profesor di University of North Carolina.

 

“Orang tua diharapkan dapat menangkap tanda bayi lapar dan kenyang. Bayi yang menangis tidak selalu karena ia lapar. Jika bayi tidak fokus saat minum susu, mungkin ia sudah kenyang,” kata Dr. Charles T. Wood, peneliti lainnya. (Nadia/DC/Dok. M&B)



Tags: bayi,   botol,   susu,   berat_badan








Cover Maret 2020