Mother&Baby Indonesia
Penyebab Keputihan pada Bayi

Penyebab Keputihan pada Bayi

Jika dari organ genital bayi Anda yang baru lahir keluar lendir berupa keputihan, jangan langsung panik ya, Moms! Hal tersebut wajar terjadi. Mengapa bisa begitu? 

 

Menurut dr. Rouli Nababan dari KiddieCare Center, Sunter, Jakarta, sekitar 20-25 persen bayi perempuan mengeluarkan noda darah atau keputihan pada minggu pertama kelahirannya yang mirip darah menstruasi. Hal tersebut bisa terjadi karena faktor hormon dari ibu. Selama janin berada dalam rahim, bayi mendapat pasokan makanan dan oksigen dari darah ibu yang mengalir ke dalam tubuhnya, termasuk hormon.



 

Si Kecil akan terpapar hormon estrogen dari ibu yang akhirnya terbawa sampai ia lahir. Karena organ-organ reproduksi pada bayi perempuan sudah ada, hormon estrogen tersebut pun membuatnya mengeluarkan cairan lendir berwarna merah muda mirip bercak darah haid atau keputihan pada popoknya. Sementara, tingginya paparan hormon estrogen dari ibu akan menyebabkan pembesaran kantung buah zakar pada bayi laki-laki atau payudaranya membesar. 



 

Keadaan ini akan menghilang dengan sendirinya. Tidak ada pengobatan khusus, Anda cukup menjaga kebersihan bayi di bagian genitalnya. Namun, bila perdarahan berlanjut lebih dari 7 hari segera bawa ke dokter untuk penanganan lebih lanjut. (Meiskhe/DC/Dok. M&B UK)



Tags: keputihan,   bayi_keputihan,   hormon,   penyebab_bayi_keputihan,   info_bayi