Mother&Baby Indonesia
4 Cara Menenangkan Bayi Menangis saat Tidur

4 Cara Menenangkan Bayi Menangis saat Tidur

Tidur adalah aktivitas yang sangat krusial bagi perkembangan bayi. Namun, ia kerap menangis saat tidur. Bagaimana cara menenangkannya? Berikut tips yang dilansir dari Kamus Perkembangan Bayi & Balita:

 

1. Jika Si Bayi menangis saat tidur, biarkan ia menangis dalam periode yang cukup panjang. Ini adalah taktik agar ia menyerah dan tidur kembali dengan sendirinya. Meski awalnya Anda mungkin khawatir, lama kelamaan Anda akan terbiasa dan cara ini terbukti cukup efektif.



 

2. Letakkan bayi di tempat tidur dan duduklah dengan tenang di sampingnya saat ia menangis. Tunggu sampai ia tertidur. Perlahan-lahan, beranjaklah menjauh dari tempat tidurnya.

 



3. Setelah ia sudah lebih tenang, Anda dapat memberi kecupan di pipinya dan berjanjilah akan kembali dalam 1 menit untuk memberi kecupan lagi. Setelah cukup lama, Anda bisa kembali memeriksanya. Cara ini dilakukan agar bayi merasa tenang dan yakin Anda tidak akan meninggalkannya.

 

4. Yakinkan Si Bayi bahwa Anda akan terus berada di sisinya dan jelaskan bahwa ini adalah waktu tidur. Temani ia sampai betul-betul tertidur. Jika ia belum tidur, jangan meninggalkannya, karena ia justru akan takut dan tangisnya semakin menjadi. (Lydia Natasha/DC/Dok. M&B UK)



Tags: baby,   bayi,   sleep,   baby sleep,   bayi_tidur,   tidur,   menangis,   bayi_menangis_saat_tidur,   tangis_bayi










Cover Mei-Juni-Juli 2020