Mother&Baby Indonesia
4 Makanan Kaya Vitamin D untuk Kesehatan Tulang Anak

4 Makanan Kaya Vitamin D untuk Kesehatan Tulang Anak

Department of Health merekomendasikan seluruh anak berusia 6 bulan sampai 5 tahun mendapatkan vitamin D yang cukup untuk meningkatkan kesehatan tulang dan sistem imun mereka. Begitu pun dengan ibu hamil dan menyusui, mereka disarankan mengonsumsi suplemen vitamin D tambahan.

 

Dokter Aman B. Pulungan, MD., Ph.D., menyebutkan, anak butuh terpapar matahari sekitar 1 jam setiap harinya. Kendati demikian, selama musim hujan asupan vitamin D tentu akan menurun, karena kulit kurang terpapar sinar matahari. Untuk menyiasati hal tersebut, Anda perlu menambahkan makanan yang kaya akan vitamin D ke dalam menu Si Kecil. Dilansir melalui M&B UK, berikut makanan yang bisa Anda berikan kepadanya!



 

1. Minyak Ikan

Minyak ikan adalah makanan yang memiliki kandungan vitamin D paling besar. Anda bisa memberikannya kepada Si Kecil 1-2 kali dalam seminggu.

 

2. Telur

Meski jumlah vitamin D dalam telur tidak terlalu banyak, tetapi Anda bisa mengkreasikan telur ke dalam menu harian Si Kecil dengan mudah!

 

3. Daging



 

 

Daging sapi, domba, kalkun, dan ayam juga mengandung vitamin D. Biarkan Si Kecil mengonsumsi jenis daging-daging tersebut 4-5 kali dalam seminggu.

 

4. Makanan Fortifikasi

Ada beberapa makanan yang difortifikasi dengan vitamin D, seperti sereal, yoghurt, roti, margarin, dan susu evaporasi. Jadi, Anda bisa memerhatikan daftar kandungan makanan pada kemasan dan pilih yang terdapat vitamin D di dalamnya. (Sagar/DC/Dok. Mrpuen/Freedigitalphotos)

 

Baca juga: Terekspos Sinar Matahari, Tingkatkan Vitamin D
 



Tags: vitamin_d_untuk_anak,   vitamin_d,   makanan_untuk_meningkatkan_vitamin_d,   makanan_kaya_vitamin_d








Cover Januari - Februari 2020