Mother&Baby Indonesia
Kebiasaan Makan Tengah Malam Membuat Cepat Pikun?

Kebiasaan Makan Tengah Malam Membuat Cepat Pikun?

Anda memiliki kebiasaan mengemil atau makan di malam hari? Rasa lapar yang mendera di malam hari memang sering kali tidak bisa dikendalikan. Namun, hal ini ternyata harus diwaspadai. Sebuah penelitian menunjukkan, mengonsumsi makan saat larut malam bisa merusak memori Anda.

 



Mencerna makanan di waktu tidur dapat mengganggu hippocampus, bagian otak yang bertugas untuk mengembangkan memori atau ingatan. Para ilmuwan yang tergabung dalam penelitian ini menemukan bahwa kebiasaan makan larut malam ini memengaruhi memori jangka panjang, sehingga kesulitan mengingat atau mudah melupakan sesuatu.

 



Selain itu, makan di waktu yang berdekatan dengan waktu tidur juga dapat memengaruhi kesehatan, seperti kadar gula darah lebih mudah meningkat dan dapat memicu diabetes, serta masalah jantung.

 

“Kami menemukan, ada banyak orang yang melakukan kebiasaan ini. Hal tersebut diduga karena pola kerja dan aktivitas yang sangat sibuk. Walaupun masih harus dilakukan penelitian lanjutan, kebiasaan makan malam menjelang waktu tidur bukanlah pola yang baik,” ungkap Prof. Christopher Colwell dari UCLA, dikutip dari Daily Mail. 

 

Para peneliti dari Universitas California di LA juga mencari tahu, apakah hal ini memengaruhi fungsi mental. Hasilnya menunjukkan, orang-orang yang makan lebih malam ternyata memiliki tingkat kecemasan cenderung lebih tinggi. Jika tidak segera ditangani, hal itu pun bisa memicu stres. (Aulia/DC/Dok. M&B UK)



Tags: nutrisi,   pola_makan,   pikun,   hilang_ingatan,