Mother&Baby Indonesia
5 Tips Meringankan Sembelit pada Anak

5 Tips Meringankan Sembelit pada Anak

Anak-anak memiliki sistem pencernaan yang belum sempurna. Mereka dapat buang air besar 4 kali sehari atau bahkan hanya 1 kali dalam 4 hari. Perubahan pola makan, penyakit ringan, atau stres dapat memengaruhi kinerja sistem pencernaan dalam tubuhnya. Jika fesesnya keras atau terasa sakit saat dikeluarkan, berarti Si Kecil sedang sembelit. Lakukan tips berikut untuk meringankan sembelit yang dialaminya:

 

1. Periksa pola makan



Cek apakah makanannya bervariasi dan bergizi. Tingkatkan asupan buah-buahan, sayuran, dan makanan lain yang kaya serat, seperti sereal, roti gandum, kacang-kacangan, wortel, pepaya dan agar-agar. Seimbangkan pola makan dengan mengonsumsi makanan penghasil energi, seperti pasta, telur, dan keju.

 

2. Tingkatkan asupan cairan

Biasakan Si Kecil untuk meminum jus buah segar yang diencerkan dengan air mineral dengan perbandingan masing-masing 50 persen. Kurangi susu karena justru dapat menyebabkan sembelit. Namun, susu masih bisa digunakan untuk sereal dan memasak.

 

3. Olahraga teratur



Olahraga sangat penting untuk menyehatkan sistem pencernaan. Biasakan Si Kecil untuk setidaknya berjalan-jalan di sekitar rumah setiap hari.

 

4. Biasakan duduk di toilet pada waktu yang sama

Biasakan anak untuk duduk di toilet pada waktu yang sama setiap hari. Ini cara terbaik untuk membentuk kebiasaan buang air besar secara teratur.

 

5. Jangan berikan obat pencahar

Jangan pernah memberikan Si Kecil obat pencahar, kecuali secara khusus direkomendasikan oleh dokter. (Deonisia/DC/Dok. M&B)



Tags: sembelit_pada_anak,   mengatasi_sembelit_pada_anak,   mencegah_sembelit,   penyakit_sembelit








Cover Maret 2020