Mother&Baby Indonesia
5 Kebiasaan Orangtua saat Anak Tak Mau Makan

5 Kebiasaan Orangtua saat Anak Tak Mau Makan

Tahukah Anda, ada beberapa kebiasaan 'keliru' yang kerap Anda lakukan tanpa sadar ketika anak merajuk di waktu makan. Mari kenali kebiasaan-kebiasaan tersebut dan pilah mana yang baik untuk dilakukan!

 

1. Meninggalkan meja makan karena merasa kesal dengan polah Si Kecil untuk menenangkan diri sejenak. Hal tersebut boleh Anda lakukan untuk mencegah berbuat kasar pada anak, asal Anda tetap mengawasi gerak-geriknya.

 

2. Berteriak-teriak melepaskan kekesalan. Berteriak di depan Si Kecil justru membuatnya semakin kesal dan meninggalkan makanannya. Tarik napas Anda, hembuskan perlahan, lalu bicaralah kepada Si Kecil dengan lembut. Beri ia waktu untuk mengerti maksud Anda.

 

3. Mencoba memberikan makanan lain kepada Si Kecil. Hal ini boleh saja dilakukan, tetapi yang perlu Anda perhatikan adalah bila Anda sering bertindak demikian, ia tidak akan menghargai kerja keras Anda dalam membuat makanan.

 

4. Memindahkan Si Kecil ke tempat yang lebih tenang, misalnya, di depan televisi. Hal tersebut memang dapat membuatnya tenang, tetapi akan menjadi kebiasaan yang tidak baik untuknya di masa depan.

 

5. Membujuk anak dengan barang atau makanan kesukaannya. Menurut pakar Hypnolangsing, Nunny Hersianna, jika hal tersebut dilakukan, anak justru akan terbiasa melakukan segala sesuatu karena pamrih. “Hal tersebut juga membuat pola makan Si Kecil menjadi tak sehat dan memiliki persepsi yang salah tentang makanan,” ujar Nunny. (AD/Aulia/DC/Dok. M&B)



Tags: kebiasaan_orangtua,   anak,   susah_makan,  










Cover April 2020