Mother&Baby Indonesia
Lakukan Ini untuk Memperkuat Bonding dengan Anak Adopsi

Lakukan Ini untuk Memperkuat Bonding dengan Anak Adopsi

Apakah Anda memiliki anak adopsi? Jika ya, salah satu kekhawatiran utama orangtua adopsi adalah bagaimana meningkatkan hubungan atau bonding antara Si Kecil dengan anggota keluarga lainnya. Anda bisa coba beberapa tips berikut ini.

 

1. Cari Banyak Informasi
Sebelum mengadopsi anak, tidak ada salahnya jika Anda bergabung dengan kelompok pendukung atau perkumpulan orangtua asuh. Utarakan ketakutan Anda, pelajari saran dan cerita dari orangtua asuh lainnya. Anda juga dapat membaca buku tentang pengasuhan anak dan orangtua angkat, menonton film, dan program yang berhubungan dengan cara mengasuh anak adopsi.

 

2. Bangun Rasa Aman dan Nyaman
Fokus pada pola asuh dan kebutuhan bayi atau anak adopsi. Ini adalah salah satu cara membangun ikatan antara orangtua dan anak lainnya, terlepas dari apakah mereka anak adopsi atau anak kandung. Berikan rasa nyaman, aman, dan kepercayaan kepada mereka sejak dini. Bila Anda memiliki anak kandung, usahakan untuk memberikan perlakuan adil terhadap mereka, untuk menghindari persaingan antara saudara atau sibling rivalry.

 

3. Komunikasi dan Interaksi
Bahasa merupakan elemen kunci yang akan membantu perkembangan anak Anda. Jika Anda mengadopsi anak dari daerah dengan bahasa yang berbeda, bantu ia mempelajari bahasa dan budaya barunya. Apabila anak adopsi Anda masih berusia 0-12 bulan, ajak ia bicara tentang banyak hal baik dan bernyanyi untuk meningkatkan bonding.

 

4. Sentuhan
Sentuhan merupakan elemen kunci dalam sebuah ikatan. Namun, anak yang besar di panti asuhan mungkin akan lebih kaku ketika Anda mencoba mendekatkan diri. Lakukan secara bertahap dan lembut, misalnya meminta izin untuk menyisir rambutnya, dan duduk santai bersama ketika berbicara atau menemaninya bermain, hingga membaca buku bersama. (Aulia/DC/Dok. M&B)



Tags: tips_memperkuat_bonding,   anak_adopsi,   pengasuhan_anak,   ikatan_ibu_anak,  








Cover Maret 2020