Mother&Baby Indonesia
Kembali Hamil Pasca Keguguran

Kembali Hamil Pasca Keguguran

Memang butuh waktu untuk mengobati rasa kecewa setelah keguguran, namun Anda tidak boleh berlarut-larut dalam kesedihan dan trauma. Masih banyak kesempatan yang bisa Anda peroleh untuk kembali mendapatkan keturunan.

 

Dikutip dari Daily Mail, Anda sebenarnya tidak perlu menunggu lama untuk mencoba hamil kembali pasca keguguran. Para ahli berpendapat, peluang kehamilan bisa meningkat hingga 71 persen dalam waktu 3 bulan setelah keguguran.



 

“Data kami menunjukkan bahwa wanita keguguran yang langsung mencoba kembali hamil dalam waktu 3 bulan, bisa hamil dengan cepat, dibandingkan wanita yang menunggu lebih lama dari itu,” tutur peneliti senior, Dr. Enrique Schisterman, dari Eunice Kennedy Shriver National Institute of Child Health and Human Development.

 

Dalam studi ini, para peneliti melibatkan hampir 1.000 pasangan yang mengalami keguguran pada usia awal kehamilan. Dari 1.000 pasangan, 765 pasangan mencoba hamil lagi dalam waktu 3 bulan dan 77 persen dari mereka akhirnya berhasil memiliki anak yang sehat.



 

Saat ini, para ilmuwan masih meneliti lebih lanjut, apakah waktu konsepsi benar-benar berdampak pada keberhasilan kehamilan pasca keguguran. Namun, Dr. Karen Schliep mengingatkan bahwa wanita yang pernah mengalami keguguran perlu menyembuhkan trauma psikis dan emosinya terlebih dahulu, sebelum mencoba hamil kembali. Ia juga mengimbau, calon ibu harus 'bersih' dari komplikasi yang menjadi penyebab keguguran sebelum hamil kembali. (Aulia/DC/Dok. M&B)

 

BACA JUGA: Dukungan yang Diperlukan Pasca Keguguran



Tags: keguguran,   ibu,   kehamilan,   peluang_kehamilan,