Mother&Baby Indonesia
6 Langkah Pertolongan Pertama saat Anak Tergores Benda Tajam

6 Langkah Pertolongan Pertama saat Anak Tergores Benda Tajam

Apa pun benda asing dan baru bagi Si Kecil, akan menjadi sesuatu yang menarik untuk ia mainkan, termasuk benda tajam. Hal inilah yang membuat keberadaan pisau, gunting, atau jarum harus diperhatikan penyimpanannya agar Si Kecil terhindari dari bahaya. Namun, bagaimana bila Anda lengah dan ia terlanjur terluka? Berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan!

 

1. Jika Si Kecil terkena irisan ringan, cuci bagian yang luka dengan sabun dan air. Tahan di bawah aliran air dingin untuk membersihkan kotoran atau benda-benda asing yang menempel di sekitar luka.



 

2. Gunakan plester agar luka tetap tertutup saat proses penyembuhan. Jangan lupa untuk mengganti plester setiap 24 jam. 

 

3. Segera bawa Si Kecil ke dokter jika luka kotor, dalam, atau menunjukkan gejala infeksi. Perhatikan apakah luka memerah, bengkak, berair, atau bernanah.

 



4. Jika Si Kecil mengalami perdarahan hebat yang mengucur deras, robek bagian pakaian yang menutupi luka. Tekan luka dengan alas kain seperti handuk bersih.

 

5. Baringkan Si Kecil dan angkat bagian tubuh yang terluka ke atas mengarah ke jantung, tahan alas kain dengan perban, dan segera bawa ia ke rumah sakit.

 

6. Jika darah meresap ke perban, lapisi lagi dengan perban lainnya. Tekan terus sampai pertolongan datang. (Aulia/DC/Dok. M&B)



Tags: luka_pada_anak,   pertolongan_pertama_pada_anak,   luka_pada_anak,   luka_tergores








Cover Maret 2020