Mother&Baby Indonesia
Ajarkan Etika Makan pada Anak

Ajarkan Etika Makan pada Anak

Penting bagi Anda untuk mengajarkan etika kepada Si Kecil sejak dini, agar ia tumbuh menjadi pribadi yang baik dan dapat memberi perubahan positif pada lingkungan sosialnya. Ajaran etika tersebut termasuk saat ia makan. Ya! Meski terkesan sederhana, etika makan seseorang ternyata memengaruhi pandangan orang lain terhadapnya. Berikut etika makan yang harus diajarkan kepada Si Kecil.

 

Tangan Harus Bersih
Walaupun menggunakan sendok dan garpu, biasakan Si Kecil untuk tetap mencuci tangan sebelum dan sesudah makan. Ini berguna untuk menjaga tangannya tetap bersih.



 

Duduk Tenang
Jangan izinkan Si Kecil makan sambil berjalan-jalan. Tempatkan di high chair, agar ia bisa duduk tenang saat di meja makan.

 

Ambil Secukupnya
Tegaskan kepada Si Kecil bahwa ia harus mengambil makanan secukupnya dan pastikan ia menghabiskan semua makanan yang ada di piringnya.

 

Makan Perlahan
Ingatkan Si Kecil untuk makan perlahan, tidak mengisi mulut terlalu penuh, dan tidak mengunyah dengan mulut berbunyi, apalagi mengobrol.



 

Perhatikan Orang Sekitar
Ketika Si Kecil makan dan ada orang lain di sekitarnya, ajak ia menawari mereka agar ikut makan. Ingatkan supaya ia tidak menghabiskan semua makanan, jika ada orang di rumah atau di sekitarnya yang belum makan.

 

Rapikan Peralatan Makan
Selesai makan, ajak Si Kecil merapikan peralatan makannya dan menaruhnya di tempat piring kotor. (Dina/Sagar/DC/Dok. M&B UK)

 

Untuk mendapatkan informasi terbaru seputar bayi dan balita, yuk lihat di majalah Mother&Baby edisi November 2015!



Tags: balita,   anak,   etika_makan,   mengajarkan etika makan pada anak








Cover Maret 2020