Mother&Baby Indonesia
4 Langkah Awal Menyusui Bayi

4 Langkah Awal Menyusui Bayi

Menyusui merupakan aktivitas sederhana yang harus dilakukan semua ibu yang baru saja melahirkan. Namun, beberapa ibu mengalami kesulitan saat akan memulainya. Mintalah bantuan dari teman yang sudah berpengalaman, perawat, atau bidan untuk mengatasinya dan Anda juga bisa melakukan beberapa tips berikut ini.

 

1. Menyusui akan lebih mudah dilakukan jika Si Kecil dapat dilekatkan ke payudara Anda beberapa menit setelah kelahiran atau saat IMD. Apabila ia telah berhasil mengisap di tengah suasana sukacita setelah kelahiran, Anda akan lebih percaya diri untuk menyusui di kesempatan berikutnya.



 

2. Jika puting Anda terasa lembut dan kecil hingga membuat Si Kecil kesulitan mencarinya, coba letakkan kain yang dingin dan basah di atasnya selama beberapa saat. Hal ini bisa membantu puting menjadi lebih keras dan menonjol.

 



3. ASI akan mengalir dari kedua payudara setiap kali Anda menyusui, Karenanya, akan lebih baik jika Anda menggunakan keduanya secara bergantian. Mulailah dari payudara yang terasa lebih berat.

 

4. Jika proses menyusui telah berjalan lancar dan puting sudah mengeras, biarkan Si Kecil mengisap selama yang ia mau pada payudara yang pertama. Ini dilakukan agar ia bisa mendapatkan ASI foremilk (bagian cair pada ASI) dan hindmilk (ASI yang lebih berlemak seperti krim). Kemudian, ganti payudara yang lain dan biarkan bayi mengisap selama yang ia mau. (Deonisia/DC/Dok. M&B)



Tags: asi_club,   menyusui,   mulai_menyusui,   tips_menyusui,   new_moms,   bayi,   asi








Related Article