Mother&Baby Indonesia
Ibu Bekerja Ikuti 4 Cara Ini untuk Menaikkan Penghasilan!

Ibu Bekerja Ikuti 4 Cara Ini untuk Menaikkan Penghasilan!

Tempat Anda bekerja saat ini mungkin memiliki keterbatasan untuk kenaikan jenjang karier. Namun, ada banyak kesempatan yang bisa dilakukan untuk meningkatkan penghasilan. Ingat! Jangan pernah menunggu seseorang memberikan apa yang Anda harapkan dan menambah pendapatan pun tidak akan terjadi secara spontan. Hal ini membutuhkan keaktifan dari Anda sendiri. Dalam bukunya Get Real Get Rich! Farrah Gray, menuliskan 4 cara untuk menaikkan penghasilan Anda seperti berikut ini:

 



1. Bicarakan dengan bos tentang kenaikan gaji

Jangan pernah berpikir, Anda tidak bisa meminta kenaikan gaji. Namun, Anda tentu harus punya rencana! Anda tidak bisa tiba-tiba datang ke ruangan atasan dan berkata, “Pak, saya butuh naik gaji.” Sebaiknya, tuliskan terlebih dahulu apa yang ingin dikatakan dengan menyoroti prestasi dan apa yang telah Anda lakukan bagi perusahaan. Selain itu, pikirkan apa yang ingin Anda capai untuk perusahaan di masa depan. 

 

Perlu diketahui pula sebagian atasan sebenarnya akan menghargai orang yang berusaha menegosiasikan gaji yang lebih baik. Hal ini menunjukkan kalau Anda memiliki keinginan kuat, fokus, dan berorientasi bisnis. Anda tidak mau duduk diam dan menerima apa yang diberikan kepada Anda. Paling tidak, beri tahu atasan kalau Anda tertarik untuk lebih maju dan memiliki komitmen melakukan yang yang lebih baik bagi perusahaan. 



 

2. Cari perusahaan baru yang mau membayar lebih

Jangan berpuas diri! Tempat kerja sekarang mungkin membuat Anda merasa nyaman dan serasa di rumah sendiri. Namun, jika gaji yang diberikan tidak dapat membayar semua tagihan dan Anda harus mendapatkan lebih banyak uang lagi, berarti Anda harus segera pindah.

 

3. Lakukan lembur

Dengan lembur 1 jam sehari, Anda bisa menambah uang yang lumayan, kenapa tidak? Cari tahu proyek-proyek khusus yang Anda bisa lakukan dan membuat lembur Anda tidak sia-sia. Misalnya menjadi intrapreneur, yang artinya Anda mulai berwirausaha, namun tetap bekerja kantoran.

 

4. Menaikkan tarif

Jika Anda bekerja sebagai konsultan, naikkan tarif dan ubah tarif per jam Anda. Apalagi, kalau Anda memang memiliki kemampuan yang dapat diperhitungkan. Orang pasti berani membayar mahal atas apa yang mereka terima dari Anda. (Deonisia/DC/Dok. FreedigitalPhotos/Stockimages)



Tags: wanita_karir,   ibu_bekerja,   cara_meningkatkan_penghasilan,   kenaikan_gaji,   keuangan_keluarga