Mother&Baby Indonesia
Mempersiapkan Anggaran untuk Menyambut Buah Hati

Mempersiapkan Anggaran untuk Menyambut Buah Hati

Membuat anggaran kehadiran seorang bayi untuk 3 tahun pertama sejak kelahirannya merupakan langkah tepat bagi setiap pasangan baru. Jika persiapan dilakukan sejak dini, perencanaan keuangan keluarga pun akan semakin baik dan pengelolaannya lebih mudah. Apa saja yang perlu dipersiapkan?

 

1. Prioritaskan Kebutuhan Dasar



Kegembiraan menyambut kelahiran bayi sering kali membuat orangtua terlalu bersemangat dalam membelanjakan uangnya untuk kebutuhan pra-kelahiran. Anda pun ingin membeli semua barang baru untuknya. Tidak salah memang Moms, tetapi Anda juga perlu selektif dalam membeli barang.

 

Keuangan Anda sebaiknya lebih diprioritaskan untuk biaya cek kehamilan, berobat jika ada penyakit terdeteksi, dan biaya USG. Setelah itu, Anda baru bisa prioritaskan untuk membeli perlengkapan lain, seperti boks bayi, pakaian bayi, stroller, peralatan mandi, kursi makan, dan lainnya.

 

2. Beli Baru atau Beli Barang Layak Pakai

Salah satu yang dapat disiasati adalah pembelian barang-barang fisik, seperti boks bayi, furnitur, atau mainan besar. Barang-barang sejenis itu biasanya cukup mahal, namun hanya dipakai sampai anak berusia 2 tahun. Jika Anda mampu membeli yang baru, pilih yang berkualitas dan tahan lama untuk dipakai oleh anak berikutnya.

 



Jika ingin yang lebih murah, belilah barang second hand. Ada banyak barang yang dijual dengan kualitas yang masih bagus, bahkan bila beruntung, Anda bisa mendapatkan barang yang hampir seperti barang yang baru.

 

3. Benefit dari Perusahaan

Setiap perusahaan memiliki kebijakan yang berbeda-beda untuk manfaat kesehatan yang berhubungan dengan kehamilan dan persalinan karyawan wanitanya. Biaya kesehatan umumnya dilindungi melalui sistem asuransi atau sistem reimbursement. Perhatikan pula, apakah perusahaan pasangan juga memiliki fasilitas untuk biaya persalinan istri.
 

 

4. Jasa Perawatan Anak

Bila Anda dan pasangan sama-sama bekerja, bantuan seorang perawat tentu menjadi sebuah kebutuhan yang penting. Pilihannya adalah Anda dapat memakai babysitter atau melatih pembabtu rumah tangga untuk merawat bayi Anda. Umumnya, jasa perawat bayi akan lebih mahal dari perawat balita. Sehingga setiap tahunnya secara umum, biaya jasa perawat akan menurun. Tetapi tergantung pada loyalitasnya ya, Moms! Jika sudah bertahun-tahun bekerja dengan Anda, persiapkan pula kenaikan gaji untuknya. (Deonisia/DC/Dok. M&B)



Tags: smart_finance,   kebutuhan_bayi,   mempersiapkan_dana_kehamilan,   keuangan








Cover Maret 2020