Mother&Baby Indonesia
Sering Kelelahan? Bisa Jadi Anda Kekurangan Vitamin D!

Sering Kelelahan? Bisa Jadi Anda Kekurangan Vitamin D!

Apakah Anda sering merasa kelelahan? Jangan langsung menyalahkan seluruh aktivitas Anda! Bisa jadi itu karena Anda kekurangan vitamin D. Studi mengungkapkan bahwa vitamin D mampu meningkatkan energi dan tekanan darah rendah. Studi tersebut dilakukan oleh tim medis dari Edinburgh, Skotlandia, dengan menyertakan 13 partisipan.

 

Dilansir dari Daily Mail, 13 orang tersebut diminta bersepeda selama 20 menit, kemudian diberikan plasebo atau vitamin D. Dua minggu berikutnya, mereka diminta bersepeda lagi selama 20 menit oleh tim medis. Hasilnya, orang-orang yang mengonsumsi vitamin D dapat bersepeda lebih lama dengan stamina yang baik. Tingkat hormon stres kortisol mereka juga berkurang.



 

“Kekurangan vitamin D berhubungan dengan diabetes, radang sendi, resistensi insulin, dan risiko tinggi terhadap beberapa kanker tertentu,” ujar pemimpin studi, Dr. Emad Al-Dujaili, dari Margaret University.



 

Senada dengan ungkapan tersebut, Dr. Marilyn Glenville, nutrisionis, juga setuju vitamin D sangat penting bagi tubuh. “Masalahnya, kita terlalu terpaku pada pesan kanker kulit yang disebarkan banyak pihak. Padahal dengan krim yang biasa dipakai wanita, vitamin D yang terserap oleh kulit dari sinar matahari menjadi lebih sedikit daripada yang diterima pria,” ujarnya. Jadi, jangan terlalu takut terkena sinar matahari ya, Moms, terutama di pagi hari! (Sagar/DC/Dok. Imagerymajestic/Freedigitalphotos)



Tags: vitamin_d,   sinar_matahari,   kekurangan_vitamin_d,   kelelahan_karena_kurang_vitamin










Cover April 2020