Mother&Baby Indonesia
Kapan Kesehatan Mata Si Kecil Harus Diperiksa?

Kapan Kesehatan Mata Si Kecil Harus Diperiksa?

Mata adalah jendela dunia. Tanpa indra penglihatan yang baik, Si Kecil tidak dapat melihat hal-hal yang indah. Oleh karena itu, merawat kesehatan mata Si Kecil adalah hal yang penting untuk dilakukan. Pemeriksaan mata secara berkala adalah salah satu cara untuk merawat matanya. Kapan mata Si Kecil harus mendapatkan pemeriksaan?

 

  • Mata Si Kecil harus diperiksa pada tahun pertama kehidupannya. Terutama, jika Anda atau dokter anak mencurigai adanya gangguan pada matanya atau ada riwayat gangguan mata dalam keluarga.

 



  • Semua anak harus mendapat pemeriksaan mata lengkap sebelum usia 4 tahun meski tidak dicurigai adanya gangguan penglihatan atau riwayat keluarga dan dicek kembali tiap 1-2 tahun.

 



  • Anak dengan kondisi tertentu, seperti diabetes, kelainan darah, gangguan metabolisme, dan kelainan genetik perlu melakukan pemeriksaan mata secara regular.

 

  • Perkembangan mata anak berlangsung sampai usia sekitar 10 tahun, sehingga pemeriksaan dan penanganan dini gangguan mata anak sangat penting untuk menghasilkan penglihatan yang baik. (Meiskhe/DC/Dok. M&B UK)



Tags: mata_anak,   pemeriksaan_mata_anak,   kesehatan_mata_anak,   kesehatan_mata