Mother&Baby Indonesia
8 Cara Membuat Si Kakak Tidak Merasa Tersisih dengan Adik Baru

8 Cara Membuat Si Kakak Tidak Merasa Tersisih dengan Adik Baru

Hubungan kakak dan adik adalah hubungan seumur hidup. Jadi, penting bagi Anda untuk memperkenalkan Si Kakak dengan adiknya sedini mungkin agar selalu kompak. Keberadaan Si Kakak pada saat Anda baru melahirkan bisa sangat membantu, tetapi juga bisa merepotkan.

 

Bila Si Kakak senang dengan kehadiran adiknya, ia dapat diandalkan untuk membantu Anda mengurusnya. Namun, jangan kaget jika ia bertingkah manja. Saat itu, ia berarti sedang berusaha mencari perhatian Anda. Bekerjasamalah dengan suami atau orangtua untuk mengalihkan perhatiannya, saat Anda sibuk dengan Si bayi.



 

Anda harus memastikan agar Si Kakak tetap mendapat perhatian yang cukup. Berikut tips untuk Anda agar Si Kakak tidak merasa tersisih dengan kehadiran adiknya.

 

1. Ketika kerabat berkunjung dan memberikan kado, biarkan Si Kakak yang menerima kadonya. Ajak ia membuka kado tersebut bersama-sama.


2. Dorong ia untuk bergaul bersama teman atau sepupu yang sebaya dengannya.

 

3. Ajak kerabat lainnya untuk tetap bermain dengan Si Kakak dan jangan hanya fokus kepada adiknya.

 



4. Saat kakak berulangtahun, berikan kado yang mengatasnamakan adiknya.

 


5. Buatkan Si Kakak ruangan atau lemari sendiri untuk menyimpan barang-barang pribadinya agar tidak bisa dijangkau oleh bayi.

 

6. Saat Si Bayi tidur, usahakan untuk  bermain dengan Si Kakak.

 

7. Jangan marahi Si Kakak bila ia tidak sengaja berlaku kasar kepada adiknya. Berikan pengertian bahwa adiknya memerlukan kasih sayang yang harus ditunjukkan dengan lembut.

 

8. Beri ia tanggung jawab baru di rumah, agar ia sadar bahwa ia sudah lebih besar dan bisa dipercaya untuk membantu Anda. (Aulia/DC/Dok. M&B)



Tags: sibling_rivalry,   agar_kakak_sayang_adik,   kakak_beradik,   mempersiapkan_kehadiran_adik_baru