Home - Bayi - Tumbuh Kembang Bayi / 17 Januari 2016 / Redaksi

Tahapan Berkomunikasi Si Kecil

Dari tangis pertama hingga mengucap kata mama, papa, dan lainnya merupakan tanda Si Kecil mengalami perkembangan dalam bercakap-cakap. Bagaimana sebenarnya tahapan berkomunikasi Si Kecil? Simak penjelasannya berikut ini.

 

0-6 bulan
Ketika masih di kandungan, bayi Anda telah menemukan cara berkomunikasi dengan Anda. Ia senang mendengar Anda mengajaknya bercakap-cakap dari luar sana. Karena itu, jangan ragu untuk mengobrol dengannya meski di perut. Setelah lahir, di 3 bulan pertama ia akan membuat bunyi pertamanya, seperti batuk atau cegukan. Ajari ia untuk meniup benda atau mainan yang ada di depannya, karena pergerakan mulutnya akan membantu ia membentuk kata.

 

6-12 bulan
Si Kecil mungkin belum siap mengucapkan kata pertamanya, tapi pemahamannya dalam hal ini akan maju pesat. Pada usia 6 bulan, ia akan mengenali namanya dan menengok bila Anda memanggilnya. Di Usia 8-9 bulan, ia akan mengenali sekitar 20 kata setiap harinya seperti ayah, nenek, dan lain-lain. Di umur 10 bulan, ia bisa menganggukkan kepala atau menggoyangkan tangan untuk menjawab pertanyaan sederhana dan menunjuk sesuatu yang diinginkannya.

 





12-18 bulan
Kebanyakan batita mengeluarkan kata pertamanya antara usia 9-14 bulan, tetapi jangan khawatir jika Anda tetap belum mendengar kata-kata terucap dari bibir mungil Si Kecil. Stimulasi ia dengan berbagai pengalaman baru, seperti pergi ke kebun binatang, berenang di kolam umum, dan ceritakan apa yang Anda dan Si Kecil lakukan setiap harinya. Anak butuh mendengar kata-kata sekitar 500 kali sebelum ia cukup percaya diri untuk menggunakannya. Bicaralah terus kepadanya dan jangan putus asa, Moms! (Lydia Natasha/DC/Dok. M&B UK)

 

 


RELATED ARTICLE

Trik Mengajarkan Cinta kepada Anak Sesuai Tahapan Usianya

Tahap Perkembangan Oromotor Si Kecil

Yuk, Ajak Si Kecil Menggambar!

OTHER ARTICLES

Manfaat Pelukan untuk Anak & 5 Gaya Pelukan Seru!

8 Rahasia Hidup Bahagia yang Perlu Anda Terapkan

Moms, Ini Manfaat Mengajak Anak Bermain di Luar

Hal-Hal Memalukan yang Dialami saat Anda sedang Hamil

Hati-Hati! Orang Dewasa Juga Bisa Kena Cacar Air, Lho