Mother&Baby Indonesia
Trik Mengajarkan Cinta kepada Anak Sesuai Tahapan Usianya

Trik Mengajarkan Cinta kepada Anak Sesuai Tahapan Usianya

Luapan cinta dan kasih sayang yang Anda berikan kepada Si Kecil akan memberikan pelajaran terbaik tentang cinta untuknya. Tetapi, Anda juga dapat mengajarkan cinta kepadanya sesuai dengan milestone-nya, lho! Berikut penjelasannya.

 

0-6 bulan
Sosok bayi yang lucu dan menggemaskan memang sangat mudah membuat Anda jatuh cinta. Berbagai perilaku uniknya dengan mudah membuat Anda ingin mendekapnya. Di beberapa hari pertama kehidupannya, bayi Anda akan mengenali sentuhan, suara, dan 'bau' Anda. Ia akan merasa sangat bahagia dan aman saat berada di dalam pelukan. Ajaklah ia bicara, bernyanyi, dan berikan pelukan agar ia mengerti akan adanya cinta.

 

6-12 bulan
Si Kecil semakin merasa terikat dengan Anda. Jika Anda menghilang sejenak dari pandangannya, ia akan merasa sedih. Karena itu, bantu ia untuk merasa dekat dengan lingkungan sekitarnya, seperti kakak, nenek, atau pengasuhnya. Hal ini akan membantu Si Kecil belajar bahwa orang lain juga dapat dicintai dan dipercaya. Biarkan ia berinteraksi dengan orang lain di lingkungannya, agar rasa percaya dirinya meningkat.

 



12-18 bulan
Batita senang meniru. Jadi, jika semua orang dalam keluarga menunjukkan kehangatan satu sama lain, ia akan menunjukkan perilaku yang sama. Sekitar umur 18 bulan, ia dapat memberikan pelukan spontan kepada Anda. Akan ada saatnya pula, ia menghujani Anda dengan ciuman. Karena itu, jangan ragu untuk menunjukkan rasa sayang Anda kepadanya. Emosi positif Anda pun akan membuat Si Kecil lebih perhatian kepada orang lain.

 



18 bulan ke atas
Pada usia ini, keinginan untuk mandiri membuat Si Kecil mudah putus asa. Ia akan berusaha melakukan segalanya sendiri, bahkan di saat ia sebetulnya tak mampu melakukannya. Hal ini terkadang membuat Anda gemas. Namun sebaiknya hindari konfrontasi, hargai ia ketika bersikap baik dan abaikan sikap nakalnya. Berikan perhargaan dengan perhatian, beri ciuman ketika ia uring-uringan atau peluk ketika ia mengamuk. Ini akan memberi pesan kepadanya bahwa Anda tetap mencintainya tanpa syarat. (Lydia Natasha/DC/Dok. M&B)



Tags: milestone,   tumbuh_kembang,   perkembangan,   baby,   baby_milestone,   ajarkan_cinta,   cinta










Cover Mei-Juni-Juli 2020