Mother&Baby Indonesia
Muntah Beda dengan Gumoh

Muntah Beda dengan Gumoh

Berbeda dengan gumoh, ketika muntah, isi lambung keluar secara paksa. Biasanya, beberapa jam setelah lahir bayi mungkin memuntahkan lendir, sering juga disertai sedikit darah. Darah yang dimuntahkan itu berasal dari ibu yang tertelan oleh bayi sewaktu proses kelahiran. Jangan khawatir, hal itu sangat normal. Biasanya, muntah ini akan reda setelah bayi beberapa kali menyusu.

 



Menurut buku panduan kesehatan keluarga, Mayo Clinic Family Health Book, bila setelah menyusu, bayi tetap muntah, bisa jadi ini pertanda adanya penyumbatan pada esofagus atau usus yang berarti perlu dilakukan evaluasi lebih lanjut. Apalagi jika muntah disertai darah dan terjadi dalam frekuensi yang sering.



 

Muntah juga bisa diakibatkan dari intoleransi terhadap susu atau tanda penyakit lain. Konsultasikan ke dokter jika bayi muntah-muntah terutama jika disertai dengan tanda-tanda sakit lainnya seperti demam, diare, lemah, dan pucat. Namun, jika ia kelihatan sehat dan berat badan bertambah, Anda bisa menghapus kekhawatiran Anda. (SR/Sagar/DC/Dok. M&B)



Tags: bayi,   bayi_muntah