Mother&Baby Indonesia
Hati-Hati Jika Orang Lain Mencium Bayi Anda!

Hati-Hati Jika Orang Lain Mencium Bayi Anda!

Seorang ibu bernama Claire Henderson memeringatkan seluruh ibu di dunia untuk tidak membiarkan bayinya dicium sembarangan oleh orang lain melalui akun Facebook-nya. Hal ini didasari oleh pengalamannya sendiri beberapa waktu lalu. Bayi perempuannya, Brooke, terpaksa dirawat di rumah sakit selama 5 hari akibat penyakit cold sore karena dicium oleh orang yang terjangkit virus herpes.

 

Pasangan dari Steven Perkins itu menuliskan dalam Facebook-nya, “Tolong sebarkan ini kepada seluruh ibu baru dan ibu-ibu yang sedang hamil yang Anda kenal, COLD SORE DAPAT BERAKIBAT FATAL BAGI BAYI. Sebelum berusia 3 bulan bayi tidak dapat melawan serangan virus herpes. Jika seorang bayi terkena ini, ia dapat mengalami kerusakan hati dan otak hingga berujung pada kematian. Saya tahu ini kedengaran sangat meresahkan, namun jika teman saya tidak memberitahukan ini kepada saya, bayi perempuan saya bisa mengalami hal yang lebih serius dari ini.”



 

Claire menyadari gejala awal yang dialami putrinya, yaitu berupa luka lepuhan yang cukup parah. Ia pun langsung membawa Brooke ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan. “Bayi saya sangat beruntung seluruh hasil tesnya baik. Pesan moral dari kejadian ini adalah jangan membiarkan bayi Anda dicium, terutama di bagian bibir, oleh siapa pun, meski mereka kelihatan tidak menderita cold sore,” ujar Claire, seperti dilansir melalui Daily Mail.

 

Pesan Claire di Facebook sudah di-share oleh lebih dari 35.000 orang hingga saat ini. Ia merasa perlu berbagi tentang ini karena banyak dari temannya tidak pernah mendengar masalah cold sore pada bayi. Padahal, lebih dari 85 persen populasi di dunia membawa herpes virus di dalam dirinya.



 

NHS Choice mengungkapkan cold sore ialah luka lepuhan kecil-kecil yang berkembang di sekitar mulut dan bibir. Ini disebabkan oleh herpes simplex virus dan akan hilang dengan sendirinya dalam waktu sekitar 7-10 hari.

 

Walaupun berada di dalam tubuh orang dewasa, herpes simplex virus dapat tidak menimbulkan risiko kesehatan berarti pada mereka. Sebaliknya, virus ini dapat berakibat fatal bagi bayi, terutama yang berusia di bawah 6 minggu, karena mereka masih memiliki sistem imun yang rendah. Infeksi ini dapat menyerang melalui kontak fisik, misalnya melalui ciuman atau menyusui. (Sagar/DT/Dok. Claire Henderson Facebook)



Tags: bayi,   anak,   mencium_bayi,   cold_sore,   virus_herpes,   kesehatan








Cover Maret 2020