Mother&Baby Indonesia
Tips Jitu Membentuk Kecerdasan Anak sejak Kehamilan

Tips Jitu Membentuk Kecerdasan Anak sejak Kehamilan

Pola makan, emosi dan bagaimana memperlakukan diri dan janin Anda selama hamil, ternyata memengaruhi perkembangan otak calon bayi lho, Moms. Menurut dr. Lana Asprey, co-author The Better of Baby Book bahwa genetik berperan utama menentukan kecerdasan dan kepribadian anak, namun pilihan gaya hidup yang tepat dapat menunjang gen-gen yang diprogram dalam kandungan. Ditambah, banyak peneliti meyakini jika sebanyak 50% tingkat IQ dipengaruhi oleh gen, sisanya dipengaruhi lingkungan bayi.

Untuk membantu membentuk kecerdasan Si Kecil, lakukan hal-hal berikut selama hamil:

1. Kebiasaan 'storytime'
Dasar bahasa dimulai dalam rahim dan pada trimester ketiga, bayi dapat menghapal suara dan mendengar. Oleh karena itu, ahli menganjurkan agar Anda membacakan cerita berulang kali kepada bayi bahkan sebelum mereka lahir.
2. Selalu aktif
Berolahraga selama hamil melepas hormon yang melewati plasenta dan membuat bayi memiliki perasaan yang baik selama 8 jam. Sebuah penelitian terbaru juga menunjukkan olahraga selama kehamilan dapat meningkatkan neuron dalam hippocampus bayi.
3. Dapatkan sedikit sinar matahari
Matahari pagi adalah sumber vitamin D yang begitu penting. Anda hanya perlu meluangkan waktu 20 menit untuk tubuh menyerap sinar matahari. Ini penting bagi bayi untuk membentuk tulang dan hati yang kuat.
4. Lakukan pijatan lembut di perut
Pada minggu ke-20 bayi sudah dapat merasakan belaian Anda di perut. Belaian ini dapat diterimanya untuk menenangkan syarafnya. Menurut para ahli, bahkan ia dapat membedakan sentuhan ayah atau ibu.
5. Ajak berbicara
Bayi dapat mendengar saat kehamilan berusia 16 minggu dan pada minggu 27, semua syaraf yang menghubungkan telinga dan otak telah terbentuk sempurna.
6. Variasikan makanan
Selera makan bayi berkembang saat kehamilan 12 minggu. Dan pada kehamilan 25 minggu, ia akan menyerap sekitar 2 liter air ketuban dalam sehari. Air ketuban memiliki rasa makanan yang Anda konsumsi.
7. Memutar musik
Selera musik bayi dapat dibentuk selama hamil. Bayi yang mendengar musik sebelum lahir akan memicu produksi serotonin yang bisa menenagkan bayi. Setelah lahir, Anda dapat menghidupkan perasaan baik bayi Anda dengan memperdengarkan ia musik.
8. Bernyanyi untuknya
Anda dapat membantu selera irama bayi Anda dengan menyanyikannya lagu, bisa berupa sajak yang berirama. (Meiskhe/DC/Dok.M&B UK)





 



Tags: kehamilan,   hamil,   pola_makan,   emosi,   janin,   bayi,   iq,   perkembangan_otak_bayi










Cover Mei-Juni-Juli 2020