Mother&Baby Indonesia
Merawat Gigi dan Gusi selama Hamil

Merawat Gigi dan Gusi selama Hamil

Lebih dari 90% ibu mengeluhkan masalah gusi kala hamil. Selama kehamilan kadar hormon meningkatkan sirkulasi darah sehingga menyebabkan gusi menjadi merah, bengkak, berdarah hingga menimbulkan plak. Untuk mengurangi masalah gigi dan gusi ini, Anda dapat mencoba tips dari dr. Sameer Patel, seorang ahli kesehatan gigi di Inggris, sebagaimana dilansir situs Mother&Baby sebagai berikut:

 

1. Selama hamil Anda perlu rutin mengecek kesehatan gigi ke dokter sehingga bisa lebih mewaspadai perubahan yang terjadi.



2. Selalu ingat untuk menyikat gigi setiap hari dan melakukan flossing. Hal ini dapat mengurangi pertumbuhan plak sehingga bisa mencegah komplikasi seperti infeksi pada gusi.

3. Jaga pola makan yang sehat dan hindari makanan ringan yang manis. Ingat, semakin banyak mengonsumsi makanan manis akan memengaruhi kesehatan gigi Anda. Pastikan diet vitamin D dan kalsium selama kehamilan.

4. Dr. Sameer menyarankan agar cermat memilih obat kumur dan hindari produk yang dapat menyebabkan warna gigi berubah dan resisten terhadap antibakteri.



5. Dr Sameer menganjurkan menyikat gigi selama 4 menit di waktu pagi dan sore hari untuk membantu mengurangi penumpukan plak. Hal ini penting karena plak dalam jumlah kecil pun dapat memengaruhi kesehatan gigi.

6. Ganti sikat gigi dengan yang bulu sikat yang lebih lembut dan gunakan pasta khusus untuk gigi sensitif.

7. Hindari melakukan perawatan gigi pada trimester pertama kehamilan dan paruh kedua trimester ketiga. Selain itu jangan melakukan dental x-ray selama kehamilan. (Meiskhe/DC/dok.FreeDigitalPhotos)



Tags: hamil,   kehamilan,   gigi,   gusi,   menjaga_kesehatan_gigi_saat_hamil