Mother&Baby Indonesia
Yang Harus Anda Ingat Sebelum Adopsi!

Yang Harus Anda Ingat Sebelum Adopsi!

Ketika Anda ingin mengadopsi anak atau bahkan sudah memutuskan untuk melakukan adopsi, ada beberapa hal yang harus diingat seperti berikut ini.

 

1. Banyak anak laki-laki dan perempuan, bayi dan remaja, sehat dan berkebutuhan khusus- yang membutuhkan orangtua adopsi.

 

2. Proses adopsi membutuhkan waktu yang cukup lama. Mungkin, 12-18 bulan setelah Anda mengajukan permohonan adopsi, barulah anak adopsi bisa Anda timang.

 

3. Adopsi internasional mengharuskan anak-anak yatim piatu saja yang diadopsi.

 

4. Mengadopsi anak tidak murah. Biaya sudah harus dikeluarkan, bahkan ketika Anda baru mengajukan permohonan adopsi. Setelah itu, tentunya, Anda harus merawat anak itu, bukan?

 

5. Latar belakang dan riwayat kesehatan anak mungkin tidak Anda ketahui. Bahkan jika ia punya riwayat kesehatan sendiri, Anda mungkin tidak tahu bagaimana kondisi kesehatan keluarga kandungnya. Jadi, bukan tidak mungkin ia mengidap 1 atau lebih penyakit keturunan.

 

6. Jika anak adopsi yatim piatu, mungkin ia mengalami hambatan pertumbuhan atau masalah lain yang terkait dengan pendidikan dan kesehatan. Mereka mungkin juga mengalami masalah mental. Namun, jangan khawatir karena anak-anak biasanya mudah diperbaiki mentalnya, apalagi jika ia dicurahi kasih sayang dan perhatian.

 

7. Jika ibu kandung anak adopsi dari keluarga tidak mampu, mungkin ia tidak mendapat perawatan kehamilan yang baik. Jika demikian, ada kemungkinan kualitas bayi yang dilahirkan tidak sempurna.

 

8. Apabila Anda melakukan adopsi lewat jalur hukum atau adopsi internasional, kecil kemungkinan anak adopsi melacak orangtua kandungnya. (SR/Aulia/DC/Dok. M&B)



Tags: ibu,   anak_adopsi,   pola_asuh,