Mother&Baby Indonesia
Pilah-pilih Pengasuh Anak (1)

Pilah-pilih Pengasuh Anak (1)

Ketakutan Anda saat mencari pengasuh untuk Si Kecil adalah apakah pengasuh tersebut baik atau tidak baik. Ketakutan itu wajar jika Anda terpaksa meninggalkan Si Kecil dari pagi hingga sore dengan orang lain. Pengasuh Si Kecil sebenarnya bisa orang yang Anda kenal, misalnya kerabat, atau orang yang sama sekali tidak Anda kenal. Namun, siapapun ia, Anda harus percaya bahwa mereka dapat menjaga Si Kecil dengan baik.

 

Anda mungkin tidak akan langsung tahu sifat seseorang ketika baru berkenalan. Menurut Robin McClure, psikolog yang menulis di situs childcare.about, mengetahui dengan pasti sifat dan karakter pengasuh Si Kecil, memang memerlukan waktu yang cukup lama. Untuk itu, Robin menyarankan agar Anda mengamati perilaku dan hasil kerja sang pengasuh saat Anda di rumah. Bila ia memiliki karakter buruk, biasanya akan terlihat perilaku mencurigakan dan hasil kerjanya pun tidak memuaskan. Situs babycenter menuliskan ciri-ciri pengasuh yang berkelakukan buruk berikut ini:

 

Si Kecil terlihat Takut
Pada dasarnya, Si Pengasuh tidak akan menggantikan posisi Anda atau suami sebagai orangtua Si Kecil. Namun paling tidak, ia harus memberikan perhatian dan kasih sayang untuk Si Kecil. Bila Si Pengasuh memiliki perilaku buruk, seperti misalnya galak atau terlalu cerewet, ia tidak akan bisa memberikan kenyamanan dan kehangatan seperti yang Si Kecil butuhkan. Si Kecil akan terlihat tidak bahagia, cemas, dan takut sehingga ia kerap rewel jika Anda meninggalkannya hanya dengan Si Pengasuh.  

 

Menyembunyikan Peristiwa 

Setelah pulang kerja, Anda pasti ingin mendengar suatu kabar tentang Si Kecil. Kepada siapa Anda bertanya, jika bukan kepada Si Pengasuh? Jika si pengasuh cenderung lebih banyak diam atau menjawab seperlunya saat Anda bertanya tentang Si Kecil, Anda sebaiknya curiga. Mungkin ia menyembuyikan sesuatu fakta kepada Anda. Seharusnya, segala kejadian, baik dan buruk, yang telah dilalui Si Kecil bersama pengasuhnya, tidak disembunyikan dari Anda.

 

Luka di Tubuh Si Kecil

Sesekali, asuhlah Si Kecil. Memandikan atau menggantikannya baju mungkin akan membuat Anda mengenal karakter pengasuh Si Kecil. Bila Anda sering menemukan luka cedera pada fisik Si Kecil, Anda harus mulai curiga. Si Pengasuh mungkin tidak mejalankan tugas dengan baik untuk menjaga dan mengawasi sehingga Si Kecil sering jatuh. Bisa juga luka-luka itu karena Si Pengasuh sering bersikap kasar pada Si Kecil. (IMR/Sagar/DT/Dok. M&B UK



Tags: bayi,   balita,   anak,   orangtua,   pengasuh_anak










Cover April 2020