Mother&Baby Indonesia
Saat Hubungan dengan Pasangan Bermasalah

Saat Hubungan dengan Pasangan Bermasalah

Hidup berumah tangga layaknya mengarungi samudera, terkadang tenang namun kadang datang ombak besar. Terkadang, masalah yang harus Anda dan suami hadapi sangat besar. Saat kondisi sulit datang, tentu butuh waktu untuk menenangkan diri Anda dan berusaha menerima keadaan.

 

Ajeng Raviando, psikolog rubrik Ask Ajeng dalam majalah M&B mengungkapkan beberapa hal yang bisa Anda lakukan saat sedang menghadapi masa sulit, seperti berikut.

 

1. Luangkan sedikit waktu untuk diri sendiri, dan alihkan perhatian dari kecemasan yang melanda dengan hal-hal yang menenangkan. Bukan karena Anda egois, tetapi Anda membutuhkannya untuk mengisi ulang energi Anda.
2. Dekatkan diri kepada Yang Maha Kuasa untuk memohon pertolongan.
3. Pikirkan cara yang membuat Anda merasa nyaman, berpikir logis, dan memiliki komunitas yang bisa membuat Anda menjadi lebih 'hidup'.
4. Sadari bahwa Anda perlu melakukan 'penerimaan'. Artinya, Anda harus belajar memandang realita secara lebih objektif dan berupaya untuk dapat menjalani hidup yang lebih baik. Menerima dan memahami emosi, akan memberikan rasa lega.
5. Rajut kembali hubungan yang berkualitas dengan pasangan. Bekerjasamalah dalam mengatasi kecemasan yang Anda rasakan, jalin komunikasi terbuka dengan suami mengenai perasaan dan pemikiran Anda dan membahas permasalahan dengan baik.
6. Bersikap santai dan tenang, coba untuk berpikiran lebih positif karena pikiran dan hormon dalam tubuh saling berkaitan. Carilah teman curhat. Lewat curhat, Anda tidak merasa tertekan sendirian, lebih lega dan beban hati jadi jauh berkurang. (AR/Aulia/DT/dok.M&B)



Tags: tips,   atasi_kondisi_sulit,   pasangan,   masalah,   suami_istri








Cover Januari - Februari 2020