Mother&Baby Indonesia
Mengenalkan Agama Pada Si Kecil

Mengenalkan Agama Pada Si Kecil

Agama memang merupakan konsep yang abstrak, namun bukan berarti Anda tidak bisa mengenalkan agama kepada Si Kecil. Bahkan, Ely Chandra dalam buku Baby Guide 2007 menyebutkan Anda bisa melakukannya sejak ia masih bayi!

 

Bagaimana cara melakukannya? Panca indra Si Kecil merupakan gerbang pengetahuan untuk Si Kecil memelajari segala hal, termasuk soal agama. Pengenalan pertama kepada Si Kecil adalah Anda bisa mengumandangkan kidung-kidung yang berisi pujian kepada Tuhan di dalam rumah serta mengajak Si Kecil mengunjungi acara-acara keagamaan. Dengan begitu panca indra Si Kecil akan menangkap dan merekam seluruh hal tersebut ke dalam memorinya.



 



Ketika Si Kecil sudah beranjak balita, Anda bisa memulai penjelasan mengenai agama dan Tuhan, atau ketika ia sendiri yang bertanya tentang Tuhan kepada orang-orang di sekitarnya. Jika ia bertanya, itu berarti ia sudah siap menerima pelajaran mengenai agama. Mulailah dari hal-hal yang konkret, misalnya ritual agama yang biasa Anda dan keluarga lakukan, lalu ajak ia untuk ikut serta dalam ritual-ritual keagamaan tersebut. (Sagar/DT/Dok. M&B)



Tags: bayi,   balita,   anak,   agama










Cover April 2020