Mother&Baby Indonesia
Merangsang Keluarnya ASI untuk Bayi Adopsi

Merangsang Keluarnya ASI untuk Bayi Adopsi

Percaya atau tidak, Anda ternyata dapat menghasilkan ASI untuk bayi Adopsi. Kunci kesuksesannya adalah perencanaan dan persiapan yang matang. Memberikan ASI untuk bayi adopsi adalah hal yang mudah, tidak rumit, meski tidak sama seperti saat Anda mengandung sendiri bayi itu.

 

Menurut situs adoption.com, ada 2 hal yang harus dilakukan agar ibu adopsi sukses menyusui bayi angkatnya. Pertama adalah membuat bayi adopsi mau menyusu dan kedua, membuat payudara Anda berisi susu. Bagaimana caranya?



 

Ibu angkat dapat menghasilkan ASI, jika ia berhasil membangun kedekatan dengan bayi adopsinya. Hubungan spesial itu akan membuat hormon tubuh bekerja. Kebanyakan ibu adopsi membutuhkan waktu 4-6 minggu untuk menghasilkan ASI. Ada 2 cara yang dapat Anda lakukan untuk menghasilkan ASI.

 

Cara pertama adalah dengan memompa payudara. Pompa payudara segera setelah bayi adopsi ada. Pemompaan payudara akan membuat kelenjar susu terstimulasi. Anda juga dapat meminta pasangan untuk merangsang payudara bekerja. ASI yang dihasilkan ibu adopsi mengandung zat yang sama seperti ASI ibu kandung. Hanya saja jumlah ASI yang dihasilkan mungkin tidak akan memenuhi kebutuhan bayi.

 



Cara kedua untuk menghasilkan ASI adalah dengan mengonsumsi obat perangsang Domperidone. Obat itu akan merangsang kelenjar susu lebih cepat menghasilkan susu. Namun, susu yang dihasilkan tentu saja akan sedikit mengandung bahan kimia dari obat tersebut.

 

Memberi ASI kepada bayi adopsi akan memperkuat hubungan antara orangtua dan anak adopsi. Sedikit ASI lebih baik daripada tidak sama sekali. Jika Anda tidak berhasil memberikan ASI, usahakan menjalin hubungan dengan anak adopsi dengan cara yang lain. (FBS/Aulia/DC/Dok. M&B)

 

BACA JUGA: Haruskan Jujur kepada Anak Adopsi?



Tags: anak_adopsi,   ibu_asuh,   orangtua,   asi,   bayi_adopsi,