Mother&Baby Indonesia
Gangguan Puting Payudara yang Terjadi Saat Menyusui

Gangguan Puting Payudara yang Terjadi Saat Menyusui

Sukses memenuhi kebutuhan ASI eksklusif Si Kecil merupakan impian setiap ibu baru. Namun, sebagian ibu kerap menemukan beberapa masalah pada puting selama menyusui. Jangan khawatir, Moms! Pelajari beberapa masalah puting payudara Anda dan solusinya seperti berikut ini.

 

Puting Lecet
Biasanya disebabkan oleh goresan benda tajam, seperti kuku atau gigi si kecil saat menyusui atau mengempeng. Luka ini biasanya terlihat seperti goresan atau sedikit gompel. Solusinya, tekan sedikit payudara hingga ASI keluar. Oleskan cairan ASI tersebut ke seluruh area puting. Cairan ASI diyakini mengandung zat anti bakteri dan zat penutup luka, sehingga lecet pada puting bisa hilang dalam 1-2 hari.



 

Puting Kering
Disebabkan oleh perawatan payudara yang kurang tepat. Saat mandi, Anda mungkin sering membilas payudara dan puting dengan busa sabun. Sabun standar (pH tinggi) menyebabkan kulit puting yang lunak menjadi kering. Solusinya, susui Si Kecil sesegera mungkin. Saat ASI keluar, kelenjar prolaktin juga mengeluarkan minyak. Dengan bantuan lidah Si Kecil, minyak tersebut akan melumasi seluruh bagian puting.



 

Puting Bocor
Disebabkan oleh tusukan benda tajam, hingga puting berlubang dan terdapat luka dalam. Solusinya, cedera sejenis ini biasanya menyebabkan luka dalam, sehingga diperlukan pengobatan yang intensif. Sebaiknya, segera kunjungi klinik laktasi untuk mendapatkan antibiotik dan penanganan lain yang lebih memadai. (IMR/Aulia/DC/Dok. M&B)



Tags: gangguan_payudara,   gangguan_puting,   masalah_payudara,   ibu_menyusui,  










Cover April 2020