Mother&Baby Indonesia
Ibu Bekerja Harus Rajin Telepon Anak!

Ibu Bekerja Harus Rajin Telepon Anak!

Salah satu kendala menjadi ibu bekerja adalah kurangnya waktu bersama anak. Apabila Anda tidak bisa membagi waktu secara bijak, bisa menimbulkan masalah psikologis bagi Si Kecil. Namun Anda tidak perlu berkecil hati, saat ini para peneliti telah menemukan cara baru membangun hubungan yang baik dengan anak.

 



Penelitian menemukan bahwa efek yang diterima seorang anak saat mendengarkan suara ibunya melalui telepon sama dengan ketika ia mendapatkan pelukan yang hangat dari Sang Ibu. Peneliti Amerika Serikat melibatkan lebih dari 60 anak perempuan yang memiliki situasi penuh tekanan. Anak-anak ini kemudian dibagi menjadi 3 kelompok.



 

Satu kelompok diberikan kenyamanan fisik, seperti pelukan atau merangkul bahu oleh ibunya, kelompok ke-2 diberikan suara ibu melalui telepon, sedangkan kelompok ke-3 diberikan film yang netral secara emosional. Hasil penelitian ternyata menunjukkan, kadar hormon oksitosin meningkat pada 2 kelompok pertama dengan jumlah yang sama. Tapi hal ini tidak terjadi pada kelompok ke-3 yang hanya diberikan suguhan film.

 

Hormon oksitosin adalah hormon cinta, karena muncul setiap kali berinteraksi dengan rasa kasih sayang, contohnya ketika ibu memberikan ASI pada anaknya. Suara ibu melalui telepon ternyata bisa memberikan hormon oksitosin dalam jumlah yang sama dengan hormon yang dikeluarkan dari kenyamanan fisik. (OCH/Sagar/DC/Dok. M&B UK)



Tags: ibu,   bekerja,   anak,   telepon_anak