Mother&Baby Indonesia
Usir Sepi dan Cemas lewat Olahraga

Usir Sepi dan Cemas lewat Olahraga

Moms, Anda mungkin pernah merasakan kecemasan, kesepian, stres, tidak percaya diri bahkan depresi luar biasa sampai harus menenggak obat untuk menghilangkannya. Sebenarnya, obat hanyalah jalan keluar sementara. Cara jitu untuk menghalau perasaan tidak menyenangkan itu bisa Anda lakukan dengan rutin belohraga lho, Moms.

 

 



Berikut Scott Laidler, seorang personal trainer dan ahli psikologi olahraga asal Amerika Serikat menjelaskan bagaimana olahraga mampu menyehatkan tidak hanya raga namun juga jiwa Anda.

 

 

Jika cemas
Cobalah yoga. Yoga sangat ampuh untuk mengurangi kadar adrenalin dan hormon stres lainnya, sembari meningkatkan hormon serotonin serta menghasilkan efek yang membantu Anda merasa lebih tenang. "Yoga sangat berguna dan dapat memberikan efek positif bagaimana Anda memandang hidup ini," kata Scott. Yoga juga membantu Anda menjadi lebih relaks menghadapi segala sesuatu, terutama hal-hal di luar kendali Anda. 

 

 

Jika stres
Cobalah tinju. Memukul sansak dapat merangsang produksi hormon endorfin hormon kebahagiaan yang mengurangi stres serta menjadi cara untuk menumpahkan rasa frustasi dan marah. Bayangkan sansak adalah hal-hal yang membuat Anda merasa stres dan berpura-pura membuangnya setiap Anda memukulnya. Mungkin terdengar agak klise, namun percayalah jika hal ini berguna. 

 

 




Jika depresi
Cobalah berjalan-jalan. Jika bangun dari tempat tidur adalah sebuah tantangan untuk Anda, berjalan dapat menjadi cara terbaik untuk menggerakkan tubuh tanpa harus mengeluarkan banyak energi. Menurut Scott berjalan membantu peredaran darah menuju otak. Jangan lupa untuk mengajak teman-teman untuk berjalan bersama agar lebih bersemangat. 

 

 


Jika kesepian
Cobalah berolahraga secara berkelompok. Hak ini tidak hanya membantu Anda bertemu orang-orang baru dan menjadi bagian dari komunitas, namun sebuah penelitian mengungkap jika bergabung dengan kelompok, kepercayaan diri akan meningkat dan memiliki kehidupan sosial yang lebih baik. 

 

 

Untuk percaya diri
Cobalah berlatih ketahanan. Latihan ini sangat baik untuk membangun rasa percaya diri, karena jenis olahraga ini memungkinkan Anda untuk mengamati perkembangan, baik dari sisi kemajuan statistik dan visual. Selain semakin sehat dan kuat, kepercayaan diri menjadi bertambah jika terdapat pencapaian yang Anda lakukan.

 

(Meiskhe/DT/dok.FreeDigitalPhotos)



Tags: olahraga_usir_sepi,   olahraga








Cover Maret 2020