Mother&Baby Indonesia
Terapkan Pola Hidup Sehat Dalam Keluarga

Terapkan Pola Hidup Sehat Dalam Keluarga

Permasalahan gizi masih merajalela di berbagai belahan dunia, termasuk di Indonesia. “Ada dua permasalah gizi di Indonesia, yaitu gizi buruk dan gizi berlebih. Namun, angkanya saat ini menunjukkan penderita gizi berlebih jauh lebih banyak dibandingkan dengan gizi buruk, yaitu 19,6 persen gizi buruk dan 52,6 persen gizi berlebih,” ujar DR. dr. Inge Permadhi, MS, SpGK., Dokter Spesialis Gizi Klinik.

 

Penderita gizi berlebih biasanya akan mengalami obesitas yang nantinya akan diasosiasikan dengan penyakit-penyakit serius seperti diabetes melitus, hipertensi, jantung koroner, arthritis, stroke, maupun kanker. Menurut Dokter Inge masalah ini disebabkan oleh 2 faktor utama, seperti terlalu banyak mengonsumsi makanan yang tidak sehat dan kurang berolahraga. Sedangkan faktor-faktor lainnya yang juga mendukung tubuh mengalami obesitas adalah kurang istirahat, stres, dan polusi di sekitar kita, termasuk asap rokok.



 



Karenanya, mulai sekarang ubah pola hidup Anda dan bangun pola hidup sehat dalam diri Si Kecil sejak dini. Dokter Inge memberikan beberapa tips hidup sehat yang bisa Anda terapkan dalam keluarga :
1. Mengonsumsi makanan yang beragam dan seimbang.
2. Melakukan aktivitas fisik, minimal 30 menit selama 3-5 kali dalam seminggu.
3. Menghindari stres.
4. Istirahat dengan cukup.
5. Sarapan pagi bersama keluarga setiap hari.
6. Biasakan membaca label yang tertera pada kemasan makanan dan minuman.
7. Selalu menimbang berat badan setiap minggu dan mempertahankan berat badan normal].
8. Minum 8 gelas air putih setiap hari.
9. Membatasi pengonsumsian gula, garam, serta lemak atau minyak.
10. Tidak melewatkan waktu makan. (Sagar/DT/Dok. Freedigitalphotos)



Tags: keluarga,   pola_hidup_sehat










Cover April 2020