Mother&Baby Indonesia
Rokok Tingkatkan Risiko Kanker Serviks

Rokok Tingkatkan Risiko Kanker Serviks

Kanker serviks disebabkan oleh Human Papilloma Virus (HPV) onkogenik (bersifat penyebab kanker). HPV ternyata dapat diidap oleh perempuan pada usia berapa pun. Dan, ada beberapa gaya hidup yang membuat wanita memiliki risiko lebih tinggi untuk mengidap kanker ini.

 

Perempuan yang berisiko tinggi mengidap kanker serviks adalah perempuan yang menikah muda atau kurang dari usia 20 tahun, sering hamil, sering bergonta-ganti pasangan seksual, dan kerap mengalami penyakit menular seksual, seperti infeksi herpes genitalis atau infeksi jamur klamidia yang menahun.



 

“Selain melalui hubungan seksual, HPV dapat ditularkan melalui penggunaan bersama alat-alat pribadi yang terkontaminasi, misalnya pemakaian handuk atau pakaian yang tercemar virus,” jelas dr. Laila Nuranna, Sp.OG (K), spesialis kebidanan, ahli kanker dan ahli kandungan, FKUI.



 

Selain gaya hidup seksual, kanker serviks juga dipicu oleh penggunaan kontrasepsi oral dalam jangka panjang, kekurangan vitamin A, C, dan E, serta minuman beralkohol dan rokok. “Merokok meningkatkan risiko kanker serviks, karena tembakau serta zat kimia di dalam rokok merusak sistem kekebalan, sehingga memengaruhi tubuh untuk melawan infeksi virus,” tambah dr. Laila. Jadi, untuk mengurangi risiko kanker serviks, lakukan gaya hidup sehat dari sekarang!  (SR/Aulia/DC/Dok. M&B)



Tags: kanker_serviks,   gaya_hidup,   rokok,   alkohol