Mother&Baby Indonesia
Kanker Setelah Hamil Anggur

Kanker Setelah Hamil Anggur

Moms, ada berbagai komplikasi kehamilan yang dapat terjadi pada wanita, salah satunya adalah kariokarsinoma. Kariokarsinoma merupakan jenis kanker, meski jarang terjadi namun kanker ini termasuk ganas.

 

Kanker tersebut tumbuh dari sel-sel plasenta dan terjadi setelah kehamilan anggur, keguguran, aborsi ataupun kehamilan ektopik. Kariokarsinoma terjadi apabila sisa-sisa plasenta yang tertinggal di dalam rahim masih terus tumbuh meski tidak terdapat janin.



 

Gejalanya dapat berupa pendarahan terputus-putus setelah keguguran, kehamilan atau pembuangan kehamilan anggur. Terdapat jaringan abnormal yang keluar dari vagina, kadar hCG tetap tinggi meskipun kehamilan telah berakhir, terdapat tumor pada vagina, rahim dan paru-paru serta sering merasakan nyeri pada bagian perut.



 

Apabila jenis kanker ini terdeteksi awal dan ditangani, tidak akan mengganggu kesuburan. Namun biasanya dokter akan menganjurkan Anda untuk menangguhkan kehamilan selama 1 tahun untuk menjalani pengobatan. Apabila pengobatan selesai tuntas dan tidak ada kemungkinan kambuh, maka Anda dapat hamil kembali.

(Meiskhe/DT/dok.FreeDigitalPhotos)



Tags: kanker,   hamil_anggur,   keguguran








Cover Maret 2020