Mother&Baby Indonesia
Balita Mulai Bereksplorasi dengan Tangannya

Balita Mulai Bereksplorasi dengan Tangannya

Perilaku menarik, menjambak, atau meremas pada bayi dan balita merupakan salah satu cara untuknya membentuk pemahaman tentang dunia. Berbagai tingkah laku itu ternyata juga merupakan wujud koordinasi antara kemampuan fisik dan sensor yang dimiliki olehnya!

 

Ketika usia balita menginjak 12-18 bulan, ia mulai memahami tentang apa yang dimiliki suatu benda dan apa yang bisa dilakukan terhadap benda tersebut. Misalnya saja ia akan mengambil kacamata ayahnya dan menarik-narik gagangnya dengan kuat, atau bahkan membantingnya ke lantai hingga akhirnya pecah. Andai ia melakukannya, jangan ragu untuk menegurnya dengan tegas namun tetap lembut. Tatap mata Si Kecil dan tahan tangannya yang sedang sibuk “mengeksplorasi” kacamata tersebut.



 



Kebiasaan tidak baik ini sebaiknya memang tidak boleh Anda biarkan supaya Si Kecil bisa membedakan perbuatan yang benar atau salah dan baik atau buruk, sejak dini. Tujuannya tentu saja supaya ia bisa beradaptasi dan berinteraksi dengan baik dengan lingkungan sosialnya nanti. (LD/Sagar/DT/Dok. M&B)



Tags: balita,   anak,   milestone,   perkembangan_tangan_balita








Cover Maret 2020