Mother&Baby Indonesia
Tangan Bayi Mulai Aktif Menarik-narik

Tangan Bayi Mulai Aktif Menarik-narik

Bayi Anda suka menarik rambut atau kacamata Anda? Jika ya, berarti ia telah mulai mengenali anggota tubuhnya termasuk mengoordinasikan gerakan-gerakan lengan dan tungkainya. Biasanya kemampuan ini dimiliki oleh Si Kecil antara usia 4-8 bulan. Menurut Octaviani Ranakusuma, Psi. BA (Hon), Msi dari Fakultas Psikologi Universitas YARSI, pada rentang usia tersebut seorang bayi mulai tertarik pada benda-benda di sekitarnya, termasuk kalung, anting, dan kacamata yang dikenakan pengasuh atau siapa pun yang menggendongnya.

 

Gerakan menarik atau merebut benda yang ia lihat akan memberikan ia kepuasan karena artinya ia telah berhasil melakukan koordinasi antara visual (melihat benda) dan motorik (meraih benda). Sehingga apabila Anda melepas anting-anting atau kacamata di hadapan bayi usia ini dan kemudian menyembunyikannya, ia tidak akan berusaha mencarinya.



 

Pada bayi usia 8-12 bulan, pemahaman Si Kecil terhadap benda yang disembunyikan berbeda. Di usia ini, Si Kecil mengetahui bahwa walaupun suatu benda tidak terlihat bukan berarti benda itu hilang dan ia akan berusaha mencarinya. Pada masa ini, perilaku buah hati Anda biasanya memiliki tujuan dan ia telah memahami apa yang harus dilakukan demi mencapai tujuan itu. Misalnya Si Kecil akan berusaha menarik kalung atau anting-anting yang Anda pakai supaya ia bisa memainkannya.  

 



Anda bisa melarang ia melakukan hal ini karena pada usianya ini ia telah memahami ekspresi emosi orang lain. Contohnya jika Anda membiarkan ia menarik rambut atau anting-anting Anda sambil mengajak ia tertawa atau bermain, ia akan belajar bahwa menarik rambut atau anting-anting itu bisa menyenangkan hati Anda.

 

Sebaliknya, bila Anda mengatakan “tidak” sambil menggelengkan kepala, menatap matanya, dan memegang pergelangan tangannya, ia akan tahu bahwa perbuatannya itu tidak Anda sukai. Mungkin ia akan menangis melihat perubahan wajah Anda tetapi ia pun mendapatkan pelajaran moral bahwa menyakiti orang lain adalah perbuatan yang salah. (LD/Sagar/DT/Dok. M&B)



Tags: bayi,   anak,   milestones,   perkembangan_tangan_bayi