Mother&Baby Indonesia
Trik Menenangkan Bayi (2): Nyamankan Sekitarnya

Trik Menenangkan Bayi (2): Nyamankan Sekitarnya

Ketika Si Bayi menangis, perhatian Anda pasti langsung tertuju padanya. Tangisan tersebut seperti alarm yang memaksa Anda agar segera melakukan sesuatu untuk menenangkannya. Tetapi saat berusaha membuat bayi Anda tenang, sering kali tangisannya justru semakin kencang. Lakukan trik berikut ini.

 

Penglihatan: Siapa yang tidak merasa terganggu dengan sinar lampu yang menyala terlalu terang? Meredupkan lampu merupakan cara jitu untuk membuat suasana tenang dan nyaman bagi bayi. Sebenarnya, cahaya dari ponsel Anda juga dapat memberikan efek hipnosis, tetapi akan menjadi bumerang di kemudian hari karena membuat bayi terstimulasi secara berlebihan.
 



Suara: Menurut Harvey Karp, M.D., dvd The Happiest Baby on The Block, beberapa suara tertentu dapat memberikan 'refleks menenangkan' bagi bayi, seperti suara penyedot debu, kipas angin, AC dan air yang mengalir dari keran. Memutarkan atau menyanyikan lagu yang berirama tenang dengan kata-kata sederhana yang berulang juga dapat digunakan untuk menenangkan bayi Anda.



 

Sentuhan: “Memberikan sentuhan hangat sangat penting untuk perkembangan bayi dan tentu dapat membuatnya tenang. Anda dapat melakukannya dengan memberikan pijatan lembut pada tubuh bayi, seperti di bagian kaki atau lengannya. Selain itu, saat bayi Anda tidak berhenti menangis, lakukan metode skin to skin atau membaringkan bayi dengan posisi telanjang di dada Anda untuk menenangkannya,” tutur Laura Jana, M.D, salah satu penulis Heading Home with Your Newborn (American Academy of Pediatrics). (Dina Christin/DC/Dok. M&B)



Tags: bayi,   menangis,   kesehatan,   tips,   trik