Mother&Baby Indonesia
Kenali Usia Tubuh Anda Setelah Melahirkan

Kenali Usia Tubuh Anda Setelah Melahirkan

Bentuk tubuh yang tak sama, perut yang lebih besar, rambut yang lebih tipis, membuat Anda merasa jauh lebih tua dari sebelum melahirkan Sang Bayi. Tapi ternyata, ada beberapa bagian tubuh yang jadi lebih muda lho, Moms! M&B punya ‘bocoran’ usia tubuh yang dapat ditambah atau dikurangkan dengan usia Anda sekarang.

 

Kebugaran Tubuh
Pasca-melahirkan, Anda akan lebih bugar. Anda akan merasa 2 tahun lebih muda. Hal ini karena Anda akan menjadi lebih aktif dengan mengurus Si Kecil, apalagi jika Anda menyusui. Penelitian menemukan bahwa 83 persen ibu lebih semangat menjaga pola makan dan 63 persen ibu lebih semangat berolahraga setelah melahirkan. “Olahraga akan membuat tubuh terasa lebih segar,” ujar James Duigan, penulis The Clean And Lean Pregnancy Guide.



 

Payudara
Kabar baik! Percaya atau tidak, memiliki bayi akan berdampak pada payudara Anda yang tampak lebih baik dari sebelum melahirkan. “Kehamilan dan menyusui berdampak langsung pada bentuk payudara Anda. Selain itu, menyusui juga dapat memperkecil risiko Anda terkena kanker payudara. Terutama jika Anda melahirkan di usia kepala 2. Ada yang bentuknya lebih besar, ada pula yang jadi lebih kecil. Namun semuanya terlihat lebih bagus,” ujar Dr. Sarah. Ia menyarankan agar Anda tidak menurunkan berat badan terlalu drastis karena akan membuat payudara lebih turun. Kemudian, Anda juga harus memakai bra yang sesuai dengan ukuran payudara, jangan terlalu sempit atau terlalu longgar.

 



Otak
Saat hamil, ibu kerap mengalami baby brain atau mudah lupa. Namun, lupakanlah hal tersebut jika Anda sudah melahirkan. Penelitian di Amerika menunjukkan bahwa memiliki bayi dapat meningkatkan kinerja otak ibu. Saat hamil, kemampuan otak dapat berkurang 6 persen, namun saat melahirkan kemampuannya akan kembali bahkan lebih berkembang. “Menjadi ibu juga dapat membuat Anda lebih terorganisir, tentu ini akan membuat Anda juga lebih pintar. Anda dapat mengonsumsi omega 3. Ini akan menambah kekuatan otak Anda,” saran Dr. Sarah. (LN/Sagar/DT/Dok. M&B)

 

Untuk informasi lebih lengkap seputar usia tubuh Anda pasca-persalinan, cek di Majalah Mother&Baby Indonesia edisi Agustus 2015 ya, Moms!



Tags: melahirkan,   persalinan,   ibu,   kondisi_tubuh_setelah_melahirkan,   otak,   payudara,   kebugaran_tubuh,   wani