Mother&Baby Indonesia
Kenali Kolestasis saat Hamil

Kenali Kolestasis saat Hamil

Apakah sebagian dari Anda pernah mengalami gatal-gatal yang hebat khususnya di bagian tangan dan kaki selama kehamilan? JIka iya, Anda perlu waspada. Mungkin saja itu gejala kolestasis kehamilan.

 

Kolestasis adalah gangguan kesehatan yang disebabkan oleh berhentinya atau berkurangnya cairan empedu. Penyebab kolestasis kehamilan masih belum diketahui secara pasti, tetapi hormon kehamilan dapat membuat kondisi itu lebih parah.



 

Hormon kehamilan dapat memengaruhi fungsi kantung empedu dan kadang memperlambat atau bahkan menghentikan aliran empedu. Aliran empedu dari hati yang terhambat ini akhirnya akan masuk ke aliran darah. Inilah yang disebut kolestasis kehamilan. Empedu adalah cairan pencernaan yang membantu tubuh menghancurkan lemak, diproduksi di hati, dan disimpan di dalam kantung empedu.

 



Pada dasarnya ada dua jenis kolestasis, yaitu Extrahepatic Cholestasis (yang terjadi karena kelainan di luar organ hati, misalnya karena batu empedu) dan Intrahepatic Cholestasis (yang terjadi karena gangguan di dalam organ hati). Kolestasis kehamilan termasuk Intrahepatic Cholestasis, dan mempunyai nama lain yaitu Obstetric Cholestasis atau Intrahepatic Cholestasis of Pregnancy. (SDS/Aulia/DT/dok.M&B)

 

BACA JUGA: Gejala Kolestasis Kehamilan



Tags: ibu,   hamil,   kolestasis,   kehamilan,   kesehatan,   hormon_kehamilan,   empedu,