Mother&Baby Indonesia
Gusi Berdarah saat Hamil

Gusi Berdarah saat Hamil

Saat hamil, beberapa ibu kerap mengalami masalah gigi dan mulut, terutama masalah gusi. Hal tersebut ternyata saling berkaitan. Hormon progesteron yang meningkat saat hamil ternyata dapat  membuat gusi menjadi sangat sensitif. Gusi yang sensitif itu menyebabkan bakteri menjadi plak dan meningkatkan suplai darah ke rongga mulut. Akibatnya, gusi Anda menjadi bengkak, kemerahan, dan gusi mudah berdarah saat Anda menyikat gigi. Masalah ini disebut pregnancy gingivitis.

 

Selain itu, gusi Anda mungkin juga menjadi berbintil. Daging tumbuh di bagian gusi itu disebut tumor kehamilan atau pyogenic granuloma. Namun, penyakit ini sebenarnya tidak berbahaya dan tidak menyebabkan sakit.



 



Tumor kehamilan bisa juga muncul di tempat lain meski paling sering muncul di rongga mulut. Tumor itu biasanya menghilang setelah Anda melahirkan. Namun jika tidak, Anda harus ke dokter gigi untuk membuangnya. Jika tumor ini sangat mengganggu, proses pengangkatannya bisa juga dilakukan meski saat Anda masih hamil. (SR/Aulia/DT/dok.M&B)



Tags: ibu,   kehamilan,   gusi,   mulut,   gusi_berdarah,   penyakit,   hormon_kehamilan,   gusi_berdarah,   pregnancy_gin