Mother&Baby Indonesia
Atasi Kaki Bengkak di Trimester 3

Atasi Kaki Bengkak di Trimester 3

Saat kehamilan sudah semakin membesar, kaki kadang terasa bengkak dan lebih pegal dari biasanya. Apalagi saat posisi kaki tertekan atau menggantung, yaitu saat duduk dan berdiri terlalu lama.

 

Untuk mengatasi kaki bengkak yang dialami ibu hamil, menurut buku Panduan Super Lengkap Hamil Sehat, ada beberapa cara yang bisa dilakukan.
1. Pilih alas kaki yang nyaman. Gunakan setidaknya sepatu berukuran satu nomor lebih besar dari biasanya dan gunakan sepatu atau alas kaki yang datar (tanpa tumit).
2. Sekali waktu manjakan diri Anda di salon dengan melakukan pedikur. Anda bisa menikmati pijatan di bagian kaki sekaligus perawatan kaki hanya dalam satu langkah.
3. Berbaringlah di tempat tidur atau sofa yang nyaman dengan posisi kaki lebih tinggi dibanfingkan bagian atas tubuh Anda. Letakkan kaki Anda di atas tumpukan bantal atau selimut.
4. Gerakkan pergelangan kaki dengan gerakan memutar beberapa kali sehari. Berjalan-jalan selama beberapa menit pada pagi hari juga dapat mengurangi pembesaran pada kaki.
5. Bagi ibu hamil yang bekerja, duduklah dengan posisi kaki yang diangkat sesering mungkin.



 



(Midya Desiani/dok.M&B UK)


 



Tags: hamil,   kaki_bengkak_saat_hamil,   kaki_bengkak,   pegal








Cover Maret 2020