Home - Bayi - Tanya Ahli Bayi / 19 Agustus 2015 / Redaksi

BAB Si Kecil Berdarah

Dijawab oleh dr. Rouli Nababan, Sp.A, Kiddie Care Centre, Sunter, Jakarta Utara.

 

T: Balita saya 5 bulan, ASI eksklusif. Beberapa waktu yang lalu saya menemukan bercak darah di fesesnya. Ia sama sekali tidak mengalami demam atau rewel. Apa penyebabnya?



 

J: Untuk mendiagnosis penyebabnya, Anda sebenarnya perlu memeriksakan feses Si Kecil di laboratorium. Namun pada bayi berusia di bawah 1 tahun, salah satu penyebab utama BAB berdarah adalah alergi protein susu sapi. Apalagi jika keluhan itu tidak diikuti gejala sistemik, seperti demam, rewel, dan bau feses yang khas.



 

BAB berdarah yang disebabkan alergi protein susu tidak perlu diobati dengan antibiotik. Dan karena bayi Anda ASI eksklusif, untuk sementara waktu sebaiknya Anda tidak mengonsumsi susu sapi atau produk susu lainnya. Selama berdiet susu, penuhi kebutuhan kalsium Anda dengan suplemen pendukung. Selain itu, berhentilah mengonsumsi seafood, kacang-kacangan, dan telur. Jika Si Kecil sudah membaik, secara bertahap Anda bisa kembali mengonsumsi makanan-makanan tersebut untuk mengetahui apa yang menjadi pemicu alerginya. (K/Sagar/DT/Dok. Freedigitalphotos)

 

 


RELATED ARTICLE

Mata Si Kecil Juling

Keputihan Pada Bayi

Vaksin Hepatitis B Untuk Si Kecil

OTHER ARTICLES

10 Cara untuk Menjadi Ayah yang lebih Baik

Efek Vakum pada Ibu Melahirkan

5 Mitos dan Fakta Mengenai Kecerdasan Newborn

Total Body Workout, Olahraga Efektif untuk Para Moms

15 Cara untuk Mencegah Speech Delay pada Anak