Home - Bayi - Tanya Ahli Bayi / 12 Agustus 2015 / Redaksi

Mata Si Kecil Juling

Dijawab oleh dr. Rouli Nababan, Sp.A, Kiddie Care Centre, Sunter, Jakarta Utara.

 

T: Bayi saya berusia 3 bulan dan jika diperhatikan matanya terlihat sedikit juling ke dalam. Apa penyebabnya? Apakah ada terapi dini untuk mata juling pada bayi?



 

J: Mata juling atau strabismus merupakan kondisi mata yang tampak tidak sejajar antara satu dengan lainnya. Penyebabnya adalah ketidakseimbangan otak dalam mengkoordinasikan mata. Kondisi ini biasa terjadi pada bayi usia 0-6 bulan dan tidak membutuhkan pengobatan. Mata bayi terlihat juling karena ia berusaha menyamakan penglihatannya yang masih ganda, dengan menutup satu mata atau memiringkan kepala.

 



Seiring bertambahnya usia Si Kecil, perkembangan otaknya akan semakin matang dan sistem kontrol mata pun menjadi normal. Jika Si Kecil sudah berusia di atas 6 bulan, namun kondisi strabismus masih terus terjadi, Anda harus segera membawanya ke dokter spesialis mata anak subspesialis strabismus. Hal itu berguna untuk mengetahui ada atau tidaknya risiko terjadinya ambliopia, yaitu menurunnya fungsi penglihatan pada 1 atau kedua mata.

 

Strabismus tidak dapat dicegah, namun dapat dikontrol dengan intervensi medis atau non-medis. Ada banyak jenis pengobatan untuk strabismus dan semua itu tergantung dari kondisi, serta tipe strabismus, seperti penggunaan kacamata dan latihan fusi atau operasi mata. (K/Sagar/DT/Dok. Freedigitalphotos)

 

 


RELATED ARTICLE

Keputihan Pada Bayi

Vaksin Hepatitis B Untuk Si Kecil

Penyebab Kantong Mata Hitam

OTHER ARTICLES

Apakah Anda Terlalu Keras pada Anak? Ini Tanda-Tandanya

Waspada! Ini Bahaya Memakaikan Perhiasan pada Bayi

Ingin Mendonorkan Darah? Ini yang perlu Anda Perhatikan

Tren Fashion Terkini untuk Si Kecil

Bagaimana Meyakinkan Orang Tua dengan Pola Asuh Kini?