Mother&Baby Indonesia
Tips Meningkatkan Stok ASI

Tips Meningkatkan Stok ASI

Saat Anda menjalankan program ASI eksklusif selama 6 bulan, Anda akan tahu bagaimana pola makan Si Kecil. Persediaan ASI pada kantung payudara Anda pun harus mencukupi kebutuhan makannya. Berikut kiat sehat memperkaya persediaan ASI menurut Ketua Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI), Mia Sutanto.

 

1. Segerakan untuk memberi ASI kepada Si Kecil. Saat bibirnya sudah menyentuh ujung puting, rangsangan akan terbangun, dan syaraf-syaraf dalam payudara akan memberikan pesan sensorik kepada hormon prolaktin. Bersama hormon estrogen, hormon prolaktin akan menghasilkan cairan susu dan mengeluarkannya lewat puting. Jadi, puting yang disedot langsung oleh mulut Si Kecil akan memacu produksi ASI lebih banyak.



 

2. Jagalah pikiran dan hati Anda agar tetap dalam kondisi tenang, santai, dan tanpa tekanan. Yakinlah bahwa persediaan ASI di payudara pasti tercukupi. Faktor ini harus didukung oleh orang-orang terdekat, terutama suami Anda. Dorongan moril sangat membantu menjaga kestabilan emosi Anda.

 



3. Mengonsumsi sayuran dan buah-buahan serta suplemen tambahan. Makanlah sayuran dan buah-buahan yang banyak mengandung serat, seperti daun katuk, kacang-kacangan, dan jantung pisang, karena diyakini dapat merangsang produksi air susu. Sementara, suplemen tambahan akan meningkatkan vitalitas tubuh dan semangat Anda untuk bisa terus memberikan ASI pada Si Kecil.

 

4. Jika terjadi sesuatu pada puting atau payudara Anda yang menyebabkan tidak berproduksinya ASI, kunjungilah klinik laktasi. Anda dan suami akan mendapatkan masukan secara teknis agar ASI tetap optimal. (IMR/Aulia/DC/Dok.M&B)



Tags: tips,   stok_asi,   tingkatkan_stok_asi,   ibu,  








Cover Maret 2020