Mother&Baby Indonesia
Menstimulasi Kecerdasan Si Kecil Lewat Sentuhan Ayah

Menstimulasi Kecerdasan Si Kecil Lewat Sentuhan Ayah

Dads, ada banyak manfaat yang dirasakan Si Kecil jika Anda turut mengasuhnya sejak dini. Menurut dr. Anne Gracia, ahli neuroscience, ada banyak hal yang bisa dilakukan ayah  saat mengasuh Si Kecil, mulai dari hal-hal kecil sampai hal besar.

 

Misalnya dengan berinteraksi lewat suara yang dapat merangsang indera dengar Si Kecil sehingga memengaruhi tumbuh kembang sensoriknya. "Tone suara ayah yang lebih rendah akan menyeimbangkan tone suara ibu yang tinggi," kata dr. Anne dalam talk show "Suamiku, Ayah Luar Biasa" bersama Zwitsal di M&B Fair 2015 di Bandung, 15 Agustus 2015.



 

 

Jika setiap hari Si Kecil mendengar suara tinggi tentu tidak baik untuk perkembangan pendengarannya. Padahal indera dengar atau telinga merupakan pusat keseimbangan dan terhubung dengan otak. Di dalam telinga terdapat bagian yaitu rumah siput yang dapat distimulasi bahkan sejak bayi masih dalam kandungan.



 


Selain lewat suara, sentuhan ayah juga sangat diperlukan. Ayah dapat melakukan hal-hal kecil misalnya dengan memandikan bayi sehingga bisa menciptakan bonding yang kuat sejak dini. Hal lain yang bisa dilakukan ayah, kata dr. Anne, antara lain dengan melakukan pijatan lembut pada tubuh Si Kecil dan mengganti popoknya. (Meiskhe/SR/dok.MB)

 

 



Tags: mb_fair_2015,   talk show,   zwitsal,   agar ayah sayang anak,   pijat bayi,   suami,   suara ayah,   bonding ayah








Cover Maret 2020