Mother&Baby Indonesia
Jauhkan Kuman Dari Rumah Anda!

Jauhkan Kuman Dari Rumah Anda!

Kebanyakan orang yakin bahwa rumah mereka aman dan bersih. Namun, Prof. Sally Bloomfield Ph.D, pakar pencegahan infeksi penyakit, mengungkapkan fakta kalau rumah adalah tempat di mana anggota keluarga dapat terinfeksi penyakit. Beberapa kuman yang umumnya bersarang di rumah adalah Enterobacter spp dan Citrobacter spp, Urapathogenic E. coli, Pseudomonas aeruginosa, Staphylococcus aureus, serta Shigella spp. Kuman-kuman tersebut berasal dari manusia, hewan peliharaan, makanan atau air yang terkontaminasi, dan lainnya.

 

Seseorang dapat terserang kuman melalui kontak langsung dengan objek yang terpapar kuman, alat-alat kebersihan, udara, serta pakaian atau handuk. Kuman akan masuk ke dalam mulut, hidung, luka yang terbuka, dan lendir, lalu menimbulkan banyak penyakit pada seseorang, seperti diare maupun infeksi saluran kemih dan pernapasan. Bayi, balita, ibu hamil, dan manula berusia di atas 65 tahun adalah kelompok yang berisiko tinggi terinfeksi penyakit akibat kuman.



 



Kuman memang akan selalu ada! Namun, bila lingkungan rumah yang dihinggapi memberikan kesempatan untuk berkembang dan perilaku hidup manusia yang tidak peduli terhadap kebersihan lingkungan rumah, kuman tersebut pun akan akan berkembang dengan cepat dan menginfeksi orang-orang yang tinggal di sana. Karenanya, selalu jaga kebersihan rumah Anda ya, Moms! (Sagar/DC/Dok. M&B)



Tags: kuman,   kebersihan_rumah,   kesehatan,   penyakit,   bayi,   balita,   ibu_hamil










Cover Mei-Juni-Juli 2020